The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Setelah Makan, Jangan Langsung Melakukan Hal ini!
Ilustrasi sedang makan. (Ilustrasi/Unsplash/@shutters_guild)
Health

Setelah Makan, Jangan Langsung Melakukan Hal ini!

Selasa, 21 Januari 2020 12:34 WIB 21 Januari 2020, 12:34 WIB

INDOZONE.ID - Tubuh memerlukan waktu sejenak untuk istirahat bahkan setelah makan. Makanan yang telah masuk ke dalam tubuh butuh dicerna supaya tidak sia-sia. Supaya pencernaan tidak terganggu, ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan sesaat setelah makan.

Berikut kegiatan yang seharusnya tidak langsung dilakukan selesai makan.Apa sajakah itu?

1. Tidur

tidur
Ilustrasi/Unsplash/@dsan_nowsa

Menurut Mayo Clinic, kamu dianjurkan untuk menunggu setidaknya tiga jam, setelah makan atau ngemil baru boleh tidur. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa langsung tidur setelah makan merupakan hal yang buruk. Pasalnya, pencernaan lebih akan lebih baik saat dalam posisi berdiri bukan tiduran. Saat posisi tiduran, pencernaan tidak akan dibantu gravitasi sehingga bisa memicu rasa ingin muntah.

2. Olahraga

olahraga
Ilustrasi/Unsplash/@alexanderredl

Kamu sangat tidak disarankan untuk berolahraga sesaat setelah makan karena hal ini tidak efektif. Selain itu juga bisa menimbulkan sakit perut serta kram otot terutama setelah makan berat. Setidaknya tunggu beberapa waktu sebelum kamu berolahraga, tergantung seberapa berat dan banyak makananmu.

3. Menyikat Gigi

menyikat gigi
Ilustrasi/Unsplash/@annetran

Setelah makan jenis makanan seperti yang mengandung asam yang tinggi sebaiknya jangan langsung menyikat gigi. Tunggu hingga 30 menit terlebih dahulu sebelum menyikat gigi agar email gigi tidak rusak. Saat mengonsumsi makanan dan minuman ini, kamu disarankan menyikat gigi terlebih dahulu sebelumnya dan kemudian meminum air setelahnya untuk menghilangkan asam yang menempel.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US