The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Kartini: Perempuan Diminta Tak Takut Memeriksakan Diri Demi Cegah Kanker Sejak Dini
Ilustrasi konsultasi ke dokter. (Pexels/MART PRODUCTION)
Health

Hari Kartini: Perempuan Diminta Tak Takut Memeriksakan Diri Demi Cegah Kanker Sejak Dini

Kamis, 21 April 2022 23:00 WIB 21 April 2022, 23:00 WIB

INDOZONE.ID - Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, dokter yang menangani kasus kanker payudara dan serviks berpesan agar para wanita untuk tidak takut memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan bila menemukan suatu kelainan pada payudara maupun kandungannya.

Pemeriksaan payudara kepada tenaga klinis atau SADANIS misalnya, sebaiknya segera dilakukan bila wanita menemukan kelainan saat melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri).

Kelainan yang bisa menjadi kecurigaan keganasan antara lain tumor payudara secara klinis tidak jelas suatu tumor jinak, kista payudara yang cairannya berdarah, keluarnya darah atau cairan dari puting susu atau pada aerola terdapat koreng dan gambaran seperti eksim.

Baca juga: Syarat Wanita yang Telah Aktif Secara Seksual Bisa Dapat Vaksin Kanker Serviks

"Bila kelainan suatu keganasan, kita akan kehilangan waktu. Waktu itu sesuatu yang tidak bisa kembali. Saangat sayang bila kita sampai kehilangan waktu tersebut," kata Kristina, dikutip dari Antara, Kamis (21/4/2022).

Ajakan untuk tak takut memeriksakan diri ke tenaga medis juga diungkapkan dr. Grace Valentine, Sp.OG dari Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia. Dia menuturkan, pandemi COVID-19 saat ini tak lagi menjadi halangan bagi wanita khususnya dengan keluhan di payudara maupun kandungannya untuk berkonsultasi dengan dokter.

"Jangan sampai pandemi menghentikan wanita yang sudah merasa ada keluhan baik dari payudara maupun kandungannya untuk datang ke rumah sakit. Di rumah sakit semuanya sesuai dengan protokol kesehatan," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US