The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi: Sarapan Pagi Cegah Risiko Diabetes
Ilustrasi makan. (Pexels/Daniela Constantini)
Health

Studi: Sarapan Pagi Cegah Risiko Diabetes

Mengatur gula darah.

Jumat, 08 Oktober 2021 11:34 WIB 08 Oktober 2021, 11:34 WIB

INDOZONE.ID - Bangun di pagi hari membuat tubuhmu sehat. Apalagi jika kamu juga sarapan di pagi hari.

Menurut sebuah studi terbaru, orang yang bangun pagi memiliki kadar gula darah yang lebih baik dibandingkan dengan rekan mereka yang tidak bangun pagi dan tidak sarapan tepat waktu.

Studi ini dipresentasikan di ENDO 2021, sebuah konferensi pers virtual dari Endocrine Society yang diadakan pada awal tahun.

Peneliti menemukan bahwa sarapan di pagi hari berkaitan dengan resistensi insulin yang lebih rendah dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Peneliti utama studi dari Northwestern University di Chicago mengungkapkan bagaimana para peneliti mengamati bahwa orang yang makan pagi lebih awal memiliki resistensi insulin yang lebih rendah dan gula darah yang lebih rendah.

Tim peneliti menganalisis data yang berasal dari 10.575 orang dewasa Amerika untuk menggambar pola antara waktu makan dan kadar gula darah dan insulin.

BACA JUGA: Jangan Diabaikan, Ini 3 Tanda Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Hasilnya ditemukan bahwa orang yang tidak sarapan pagi kurang responsif terhadap insulin. Resistensi ini juga menjadi faktor risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Temuan penelitian ini berbeda dengan beberapa penelitian sebelumnya yang mengklaim tidak sarapan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah seseorang.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US