Hindari Konsumsi Makanan & Minuman Ini Setelah Minum Obat
photo/Pexels
Health

Hindari Konsumsi Makanan & Minuman Ini Setelah Minum Obat

Jumat, 16 Agustus 2019 14:49 WIB 16 Agustus 2019, 14:49 WIB

INDOZONE.ID - Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa mengonsumsi obat, biasanya akan mencari makanan atau minuman yang membantu mengurangi rasa pahit dari obat. Namun, tidak semua makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi setelah minum obat.

Hal itu dikarenakan kandungan dari beberapa jenis makanan atau minuman tertentu bisa memengaruhi kinerja obat yang dikonsumsi. Sehingga, obat tidak bisa maksimal menyembuhkan penyakit yang diderita seseorang.

Untuk itu, kamu harus tau makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah minum obat. Apa saja ya? Berikut ini ulasannya yang sudah dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Jumat (16/8):

1. Pisang

Pisang
photo/Pixabay

Kebanyakan orang secara sengaja mengonsumsi obat dengan pisang untuk mengurangi rasa pahit obat. Namun kebiasaan ini ternyata tidak baik, dikarenakan kandungan tyramine di dalam pisang bisa memengaruhi fungsi dari beberapa jenis obat.

2. Anggur

Anggur
photo/Pexels

Sebaiknya, hindari mengonsumsi obat dengan buah anggur. Terutama obat migrain, depresi, diabetes, atau obat untuk mengencerkan darah. Mengapa demikian? Karena dengan mengonsumsi anggur setelah minum obat, usus tidak bisa mencerna obat-obatan yang masuk. Alhasil, penyakit yang diderita tidak sembuh-sembuh.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam
photo/Pexels

Cokelat hitam (dark chocolate) dikatakan baik untuk kesehatan karena rendah gula, kadar kakao tinggi, dan mengandung antioksidan. Namun sayangnya, cokelat hitam tidak baik dikonsumsi setelah minum obat. Ini dikarenakan cokelat bisa membuat kinerja obat menurun drastis, terutama obat insomnia, depresia, dan obat stimulan tertentu.

4. Teh

Teh
photo/Pixabay

Teh mengandung zat tanin yang bisa mengikat senyawa aktif pada obat. Selain itu, teh dapat meningkatkan risiko efek samping, misalnya sakit kepala, rasa cemas berlebihan, dan jantung berdetak kencang. Maka dari itu, tidak disarankan minum teh setelah mengonsumsi obat-obatan, apapun jenisnya.

5. Kopi

Kopi
photo/Pexels

Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa memicu risiko overdosis antibiotik tertentu, seperti enoxacin, ciprofloxacin, norfloksasin. Dari sinilah, seseorang bisa mengalami halusinasi, tremor, dan palpitasi.

6. Susu

Susu
photo/Pixabay

Kita semua tau kalau susu baik untuk kesehatan. Namun, susu ternyata tidak baik dikonsumsi setelah minum obat. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dan magnesium dalam susu bisa membuat tubuh kesulitan mengolah antibiotik dari obat yang diminum.

TAG
Rizka
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
Rizka

Rizka

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU