Ternyata Tali Pusat Dapat Disimpan di Bank Khusus
Bank darah tali pusat. (Cordlife Persada)
Health

Ternyata Tali Pusat Dapat Disimpan di Bank Khusus

Minggu, 15 Desember 2019 14:22 WIB 15 Desember 2019, 14:22 WIB

INDOZONE.ID - Pentingnya peran plasenta dan tali pusat bayi, sudah disadari secara tradisional sejak dulu. Sebagai ‘penghormatan’ terhadap perannya sebelum kelahiran, di beberapa plasenta dan tali pusat dikubur dengan baik, agar tidak dimakan oleh sembarang binatang. 

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi medis akhir-akhir ini, salah satu yang patut dipikirkan adalah apakah kamu akan menyimpan tali pusat bayi?  Ya, menyimpan darah tali pusat di bank khusus menjadi sebuah pertimbangan. 

Darah tali pusat adalah sumber yang kaya dengan haematopoietic stem cell (HSCs), yang secara mendasar bertanggung jawab terhadap pembentukan darah dan sistem kekebalan tubuh. Darah dari tali pusat telah dimanfaatkan sebagai sumber sel punca untuk mengatasi penyakit. 

Jadi, yang diambil dari tali pusat adalah darah yang ada di dalam saluran yang mengandung sel punca (stem cell). 

Ketika kamu memutuskan untuk menyimpan membran tali pusat, artinya kamu juga menyimpan sel punca yang terkandung didalamnya. Teknologi ini telah dipatenkan oleh Cordlife, penyedia layanan bank darah tali pusat terbesar di dunia. 

Teknologi ini dapat mengisolasi EPSC dan MSC dari membran tali pusat. Sebaliknya, jika kamu menyimpan darah tali pusat kamu hanya akan menyimpan sel punca berjenis Hematopoietic sel saja.

Menyimpan keduanya, baik itu darah tali pusat dan membran tali pusat akan meningkatkan jumlah sumber sel punca, yang artinya akan membuka kesempatan lebih besar untuk kemungkinan aplikasi terapi di masa mendatang, semacam asuransi biologis yang dapat digunakan di kemudian hari. 

Darah tali pusat kaya akan sel punca yang dapat digunakan sebagai pilihan terapi pengobatan dimana saat ini sel punca dapat membantu terapi lebih dari 80 jenis penyakit.  Selain itu, hanya ada satu kali kesempatan untuk proses pengambilan darah tali pusat yaitu sesaat setelah proses persalinan, itulah mengapa sel punca darah tali pusat ini menjadi sangat penting dan bermanfaat untuk disimpan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fauzi
Astrid
Fauzi

Fauzi

Editor
Astrid

Astrid

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU