The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Amankah Sering Melakukan Hubungan Seks dalam Kesehatan?
Ilustrasi melakukan hubungan seks. (Photo/Ilustrasi/Unsplash/@hopdesign)
Health

Amankah Sering Melakukan Hubungan Seks dalam Kesehatan?

Minggu, 24 Januari 2021 15:15 WIB 24 Januari 2021, 15:15 WIB

INDOZONE.ID - Mungkin beberapa diantara kita, ada yang bertanya-tanya, apakah sering berhubungan seks dengan pasangan dapat membahayakan kesehatan?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior pada 2017, rata-rata orang dewasa berhubungan seks 54 kali dalam setahun.

Baca Juga: Lakukan 3 Olahraga Ini, yang Bikin Pria Tahan Lama Saat Bercinta

Rebecca C. Brightman, MD, asisten profesor klinis obstetrik, ginekologi, dan reproduksi di The Icahn School of Medicine di Mount Sinai Health System, New York City mengatakan bahwa definisi sering berhubungan seks bervariasi.

"Jika terasa nyaman dan tidak menyakitkan, maka seks pada frekuensi berapa pun tidak apa-apa," katanya.

Itu artinya, sering melakukan seks akan baik-baik saja selama tidak mengalami efek samping apa pun.

"Bahaya fisik utama pada wanita akibat terlalu sering berhubungan seks adalah pembengkakan vagina dan labia. Dengan banyak rangsangan seksual, vagina dan labia menjadi penuh dengan darah, dan ini dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit yang berlebihan saat berhubungan seksual," kata Sherry A. Ross, dokter obgyn dan ahli kesehatan wanita di Santa Monica, California, seperti dikutip dari Health.

Sesi seks yang lama juga bisa menyebabkan pelumasan alami vagina mengering, yang bisa menimbulkan gesekan dan nyeri.

"Jika Anda tidak melakukan foreplay yang tepat, vagina akan menjadi kering. Hal ini membuat seks terasa menyakitkan saat ada penetrasi," kata Dr. Ross.

Dia mengatakan, kekeringan vagina juga dapat terjadi pada wanita menopause, yang mengakibatkan sensasi terbakar di dalam vagina selama kontak seksual dan penetrasi.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US