The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cangkang Telur Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh
Ilustrasi cangkang telur. (parenting.firstcry)
Health

Cangkang Telur Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Tertarik mengonsumsinya?

Minggu, 08 November 2020 16:00 WIB 08 November 2020, 16:00 WIB

Kamu bisa mengolah telur dengan berbagai cara, seperti digoreng atau direbus. Pada umumnya, bagian telur yang digunakan sebagai bahan makanan adalah putih telur dan kuning telur. Namun, bagaimana dengan cangkang telur? Apakah bagian cangkang telur boleh dan aman dikonsumsi?

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan kalau cangkang telur sebenarnya bisa dikonsumsi, lho. Bahkan, cangkang telur dianggap baik untuk kesehatan karena kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi. Satu cangkang telur bisa memenuhi kebutuhan kalsium dua orang dewasa dalam satu hari.

Agar bisa dikonsumsi, cangkang telur biasanya dihancurkan terlebih dahulu hingga menjadi bubuk. Bubuk cangkang telur  yang telah halus dapat dicampurkan ke dalam makanan tanpa mengubah rasa. Namun, kamu mungkin tetap merasa tidak nyaman saat tahu ada bubuk cangkang telur dalam makanan milikmu. 

Meski punya banyak manfaat, kamu tak bisa langsung menghaluskan cangkang telur begitu saja. Sebab, cangkang telur mengandung banyak sekali bakteri, seperti bakteri salmonella. Sebelum dihaluskan, cangkang telur sebaiknya direbus atau dipanggang terlebih dahulu dalam suhu tinggi.

Kamu bisa 'memasak' cangkang telur selama kurang lebih satu jam hingga bakteri yang ada di dalam cangkang telur benar-benar mati. Setelah itu, kamu boleh menghaluskan cangkang telur dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender.

Kalsium terdapat di dalam cangkang kulit telur sangat mudah diserap oleh tubuh. Cangkang telur dinilai memiliki manfaat untuk metabolisme tulang. Selain itu, ia bisa meningkatkan kepadatan tulang pada orang lanjut usia, terutama para wanita yang sudah mengalami pascamenopause.

Seiring bertambahnya usia, kamu mungkin akan mengalami pengeroposan tulang. Sehingga, kamu perlu sesekali mencoba mengonsumsi bubuk cangkang kulit telur untuk mencegah hal tersebut. Sebab, kalsium pada bubuk cangkang kulit telur dinilai lebih baik daripada kalsium karbonat murni.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US