The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Minyak Goreng Terbaik untuk Penderita Diabetes, Sehat dan Aman Dikonsumsi
Minyak kenari untuk penderita diabetes (medicalnewstoday.com)
Health

7 Minyak Goreng Terbaik untuk Penderita Diabetes, Sehat dan Aman Dikonsumsi

Selasa, 20 Oktober 2020 10:17 WIB 20 Oktober 2020, 10:17 WIB

INDOZONE.ID - Memilih jenis minyak goreng sehat dan aman dikonsumsi merupakan hal penting yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes.

Pasalnya, apabila salah memilih minyak goreng, berakibat pada penumpukan lemak tubuh. Alhasil, metabolisme gula menjadi lambat dan berisiko memperburuk gejala diabetes lainnya.

Jenis Minyak Goreng Sehat untuk Diabetes

Bagi penderita diabetes, tidak hanya kebiasaan makan yang harus diatur, tetapi juga penggunaan minyak nabati sangat memengaruhi kadar glukosa dalam tubuh.

Karena itulah, memilih minyak goreng terbaik selalu menjadi tantangan. Penderita diabetes harus memilih minyak goreng yang dapat mengatur kadar glukosa dan baik untuk kesehatan jantung.

Umumnya, minyak goreng mengandung tiga jenis asam lemak, yaitu lemak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh.

Lemak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda membantu dalam mengelola diabetes dengan lebih baik. Sedangkan lemak jenuh bisa meningkatkan risiko diabetes.

Rata-rata minyak goreng langsung berubah tekstur, warna, dan nilai gizinya saat dipanaskan. Maka dari itu, faktor utama yang harus dipertimbangkan adalah jenis lemak, jumlah lemak, efek metabolisme glukosa dan toleransi panas.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis minyak goreng terbaik yang sehat dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes:

1. Minyak kelapa murni

jenis minyak goreng terbaik yang sehat untuk diabetes
Minyak kelapa murni (supremesoulexports.com)

Banyak pro dan kontra seputar penggunaan minyak kelapa untuk diabetes. Namun, para ahli meyakini bahwa minyak kelapa merupakan salah satu minyak goreng terbaik untuk penderita diabetes.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa akan mendukung homeostasis glukosa normal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui metabolisme asam lemak. Ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Minyak zaitun extra origin

minyak goreng sehat untuk penderita diabetes
Minyak zaitun (sunshinemeats.com.au)

Minyak zaitun extra origin dibuat dari buah zaitun yang diperas. Ekstraknya kemudian dijadikan minyak goreng sehat.

Makanan yang digoreng dengan minyak zaitun cenderung hanya meningkatkan sedikit gula darah dibandingkan dengan minyak jagung.

Sebuah meta-analisis pada minyak zaitun menunjukkan bahwa minyak tersebut bermanfaat dalam pengelolaan dan pencegahan diabetes tipe 2.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk dressing dengan api kecil. Hindari memasak dengan api besar dan menggoreng dengan minyak zaitun.

3. Minyak kenari

jenis minyak goreng untuk penderita diabetes minyak kenari
Minyak kenari (medicalnewstoday.com)

Minyak kenari efektif melawan diabetes tipe 2. Jenis minyak goreng satu ini kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, omega 3 dan banyak vitamin, yang sangat berguna bagi penderita diabetes.

Di dalamnya, mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi yang membantu mengurangi gula darah puasa dan HbA1c bila diminum selama tiga bulan, 15 gram setiap hari.

4. Minyak kanola

minyak goreng sehat terbaik untuk penderita diabetes
Minyak kanola (medicalnewstoday.com)

Minyak canola dibuat dengan mengekstraksi lobak, tanaman berbunga kuning cerah. Rasanya netral dan memiliki jumlah asam lemak omega-3 yang tinggi.

Karena jumlah lemak jenuh yang rendah, minyak ini dianggap sebagai salah satu minyak goreng terbaik untuk penderita diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak canola efektif mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh, yang membantu memperbaiki komplikasi diabetes.

5. Minyak sawit

jenis minyak goreng sehat untuk penderita diabetes
Minyak sawit (health.harvard.edu)

Minyak sawit adalah minyak nabati yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat di seluruh dunia. Namun, konsumsinya dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Hal itu karena minyak sawit mengandung 40 persen asam lemak tak jenuh tunggal, 10 persen asam lemak tak jenuh ganda, dan 45 persen lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

6. Minyak wijen

jenis minyak goreng nabati untuk penderita diabetes minyak wijen
Minyak wijen (parenting.firstcry.com)

Sesuai namanya, minyak wijen terbuat dari biji wijen yang belum dipanggang. Sebuah penelitian menunjukkan ada keterkaitan minyak wijen dengan penurunan tekanan darah dan peningkatan status antioksidan pada pasien diabetes.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa minyak wijen bisa digunakan secara aman dengan kombinasi obat untuk pengelolaan diabetes.

Minyak wijen memiliki titik asap yang tinggi dan ini menjadikannya pilihan yang baik untuk memasak dengan api besar.

7. Minyak alpukat

jenis minyak goreng terbaik sehat untuk penderita diabetes
Minyak alpukat (medicalnewstoday.com)

Minyak alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah tinggi dan juga merupakan salah satu sumber asam lemak oleat terbaik.

Lemak tak jenuh tunggal membantu penderita diabetes memproses glukosa serta menggunakan insulin dengan lebih efektif.


Nah, itulah beberapa jenis minyak goreng terbaik yang sehat dan aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US