The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Bersihkan Earwax dengan Aman, Ini Cara yang Bisa Kamu Gunakan
Ilustrasi wanita membersihkan telinga. (Freepik/Chajamp)
Health

Ingin Bersihkan Earwax dengan Aman, Ini Cara yang Bisa Kamu Gunakan

Jangan asal.

Rabu, 21 Oktober 2020 20:21 WIB 21 Oktober 2020, 20:21 WIB

INDOZONE.ID - Kita bertanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri. Namun, ada bagian-bagian tubuh yang bisa membersihkan dirinya sendiri, lho, misalnya saja bagian dalam telinga. Meski sudah tahu mengenai hal tersebut, orang-orang masih saja menggunakan alat bantu seperti cotton bud yang malah bisa menambah masalah dan merusak bagian dalam telinga.

Di dalam telinga, kita akan sering menemukan earwax atau cairan kuning yang sering dianggap sebagai kotoran telinga. Bisa dipahami kalau keberadaan earwax membuat tidak nyaman, sehingga kita selalu terpanggil untuk membersihkannya. Padahal, earwax memiliki fungsi yang baik bagi telinga, seperti melindungi gendang telinga dari kotoran-kotoran yang masuk, serta mencegah terjadinya infeksi.

Daripada harus menggunakan cotton bud yang bisa mendorong earwax masuk semakin dalam, lebih baik kamu menggunakan cara yang lebih aman untuk menghilangkan earwax, berikut ini adalah tahapan-tahapannya!

earwax
Ilustrasi cotton bud. (Freepik)

Pertama, campurkan satu sendok makan air garam ke dalam setengah gelas air hangat. Kemudian, aduk rata larutan tersebut hingga garam dan air menjadi homogen. Setelah itu, kamu bisa menggunakan cotton ball untuk menyerap air garam tersebut.

Langkah selanjutnya, miringkan kepala sekitar 45 derajat dan arahkan cotton ball ke atas telinga yang ingin dibersihkan. Remas cotton ball hingga air garam menetes masuk ke dalam lubang telinga. Biarkan kepala dalam posisi yang sama selama kurang lebih lima menit.

Setelah lima menit, miringkan kepala ke arah yang berlawanan untuk mengeluarkan air garam. Terakhir, bersihkan area luar telinga dengan menggunakan kain atau handuk yang bersih dan kering. Pastikan tanganmu dalam keadaan bersih saat melakukan tahapan-tahapan tersebut, ya. 

Nah, itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan earwax di rumah. Biasanya hal ini bisa dilakukan kalau kamu adalah pemilik earwax yang cenderung kering. Jika kamu tidak memiliki cotton ball, kamu bisa menggunakan alternatif lain, seperti pipet, kapas, atau kain.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
JOIN US
JOIN US