Hormon yang Tidak Seimbang Menjadi Penyebab Sulit Hamil
Ilustrasi test pack (Pixabay/Julia Fiedler)
Health

Hormon yang Tidak Seimbang Menjadi Penyebab Sulit Hamil

Kamis, 23 Januari 2020 15:26 WIB 23 Januari 2020, 15:26 WIB

INDOZONE.ID - Kehamilan adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap pasangan, tapi kehamilan sendiri tak dapat terjadi begitu saja.

Saat hormon tidak seimbang, ini tentu akan mempengaruhi kehamilan. Hanya saja masih banyak wanita yang tidak sadar kalau hormon menjadi masalah dari kehamilan.

Hal ini karena hormon tertentu dibutuhkan tubuh untuk menjaga siklus haid teratur sehingga dapat memproduksi sel telur yang sehat.

Ketika hormon tidak seimbang, akan menyebabkan beberapa gejala seperti, siklus haid tidak teratur, PMS, jerawatan, ingin mengonsumsi makanan tertentu, biasanya yang manis-manis, dan sebagainya.

"Memang ada gaya hidup yang berpengaruh pada hormon, tapi pengaruhnya kecil. Salah satu yang pengaruhnya besar adalah obesitas. Melakukan olahraga berat sehingga kadar lemak tubuh berkurang juga akan berpengaruh pada siklus haid dan ovulasi," jelas dr.Emily Jungheim, ahli endokrin dan reproduksi.

Gangguan tiroid dan kelenjar adrenal juga kondisi yang mempengaruhi keseimbangan hormon. Bahkan gangguan tiroid menjadi penyebab utama gangguan hormon pada wanita.

Saat terjadi salah satu masalah pada kelenjar tiroid atau kelenjar adrenal, akibatnya akan menyulitkan pembuahan, sehingga wanita akan sulit hamil.

Pemeriksaan hormon dapat dilakukan dengan dua metode yakni memeriksa sampel darah di laboratorium atau pemeriksaan di rumah dengan alat khusus. Pemeriksaan di rumah menggunakan air liur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US