The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pertama Kali dalam Sejarah, Kanker Hilang pada Pasien dengan Obat Dostarlimab
Ilustrasi kanker. (Freepik)
Health

Pertama Kali dalam Sejarah, Kanker Hilang pada Pasien dengan Obat Dostarlimab

Rabu, 08 Juni 2022 08:55 WIB 08 Juni 2022, 08:55 WIB

INDOZONE.ID - Kabar baik dari sistem perawatan kesehatan di dunia melaporkan percobaan klinis pada 18 pasien kanker terbukti efektif dalam menghilangkan kanker dari tubuh mereka.

Dilansir New York Times, obat Dostarlimab tampaknya berhasil menyembuhkan pasien kanker dubur dalam percobaan yang dilakukan oleh tim kesehatan.

Mereka menggunakan Dostarlimab selama sekitar enam bulan dan setelah lebih dari 12 bulan para dokter menemukan bahwa kanker pada pasien telah lenyap.

Para pasien dilaporkan berada pada stadium kanker yang sama, kanker itu berkembang secara lokal di rektum tetapi belum menyebar ke organ lain.

Baca juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Dikabarkan Mengidap Kanker sampai Sulit Membaca

Dostarlimab adalah obat dengan molekul yang diproduksi di laboratorium yang berfungsi sebagai antibodi pengganti dalam tubuh manusia.

"Saya percaya ini adalah pertama kalinya terjadi dalam sejarah kanker," kata Dr. Luis A. Diaz Jr, penulis makalah yang diterbitkan pada hari Minggu di New England Journal of Medicine.

Dilaporkan, kanker mereka benar-benar hilang dan tidak terdeteksi dengan pemeriksaan fisik, endoskopi, tomografi emisi positron atau pemindaian PET atau pemindaian MRI.

"Pada saat laporan ini, tidak ada pasien yang menerima kemoradioterapi atau menjalani operasi, dan tidak ada kasus perkembangan atau kekambuhan yang dilaporkan selama masa tindak lanjut," kata para peneliti hari Minggu (5/6/2022).

Sementara itu, Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering dan rekan penulis makalah ini, ahli onkologi Dr Andrea Cercek menggambarkan kebahagiaan di wajah para pasien ketika mengetahui mereka bebas dari kanker.

Hasil akhir dari percobaan ini telah mengejutkan para ahli di seluruh dunia. Meskipun ukuran percobaannya kecil, Dostarlimab dapat menjadi obat potensial untuk salah satu penyakit yang paling mematikan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US