The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penderita Diabetes Tipe-2 Hati-Hati Konsumsi 2 Buah Ini, Bisa Picu Kadar Gula Darah Naik
Kadar gula darah naik. (Freepik)
Health

Penderita Diabetes Tipe-2 Hati-Hati Konsumsi 2 Buah Ini, Bisa Picu Kadar Gula Darah Naik

Selasa, 07 Juni 2022 16:30 WIB 07 Juni 2022, 16:30 WIB

INDOZONE.ID - Diabetes tipe-2 ialah di mana tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau insulin yang dihasilkan tidak diserap oleh sel. Insulin sendiri berfungsi mengatur kadar gula darah.

Tanpa mekanisme ini, kadar gula darah bisa naik ke tingkat yang berbahaya. Namun, ada banyak cara alternatif untuk menghindari kadar gula darah tinggi, yakni diet.

Penyebab terburuk gula darah naik yakni saat memiliki kandungan gula atau karbohidrat tinggi, keduanya dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi.

Makan buah memang salah satu cara untuk mencegah terhidar dari berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe-2, namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena dapat memicu naiknya kadar gula darah.

Baca juga: Hati-Hati, Penyintas COVID-19 Berisiko Terkena Diabetes Tipe-2

Ini karena beberapa buah ada yang lebih manis, sehingga bisa memicu naiknya kadar gula darah.

Dilansir Diabetes.co.uk, buah secara alami cukup tinggi gula dan buah biasanya memiliki lebih banyak karbohidrat daripada sayuran non-tepung.

diabetes tipe-2
Buah yang bisa picu kadar gula darah naik.(Freepik)

Buah pisang dan jeruk adalah buah yang lebih manis yang perlu hati-hati ketika mengonsumsinya. Karena buah manis ini bisa meningkatkan kadar gula darah.

Selain sayuran, buah merupakan salah satu kelompok makanan yang paling sehat dan mengandung sumber penting vitamin C yang membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.

Selain menjaga apa makanan yang dikonsumsi, olahraga juga cara yang harus dilakukan untuk menjaga gula darah normal, sehingga terhindar dari diabetes.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US