The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Aman Bagi Kehamilan, Wanita Hamil Disarankan Pilih Vaksin COVID-19 mRNA
Ilustrasi ibu hamil divaksin. (Freepik)
Health

Aman Bagi Kehamilan, Wanita Hamil Disarankan Pilih Vaksin COVID-19 mRNA

Sabtu, 13 Agustus 2022 19:30 WIB 13 Agustus 2022, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Vaksin mRNA COVID-19 memiliki keamanan yang baik dalam kehamilan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan online pada 11 Agustus di The Lancet Infectious Diseases.

Manish Sadarangani, D.Phil., dari BC Children's Hospital Research Institute di Vancouver, British Columbia, Kanada, dan rekan meneliti frekuensi dan sifat kejadian kesehatan yang signifikan di antara wanita hamil setelah menerima vaksin COVID-19 mRNA.

Data dikumpulkan dengan survei yang dilaporkan sendiri setelah kedua dosis vaksin untuk wanita hamil dan tidak hamil berusia 15 sampai 49 tahun.

Baca juga: 3 Jenis Anemia Selama Kehamilan Seperti yang Dialami Selebgram Ria Ricis

Secara keseluruhan, 5.597 peserta hamil telah menerima dosis 1 dan 3.108 menerima dosis 2, sementara 174.765 dan 91.131 peserta tidak hamil menerima dosis 1 dan 2.

Para peneliti menemukan bahwa di antara wanita hamil yang divaksinasi, 4,0 dan 7,3 persen melaporkan peristiwa kesehatan yang signifikan setelah menerima dosis 1 dan dosis 2 dibandingkan dengan 3,2 persen wanita hamil yang tidak divaksin.

Kemungkinan kejadian kesehatan yang signifikan dalam tujuh hari setelah dosis vaksin 2 mRNA-1273 meningkat dibandingkan dengan kontrol hamil yang tidak divaksinasi dalam tujuh hari sebelumnya.

Dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil yang tidak divaksin, wanita hamil yang divaksinasi telah mengurangi kemungkinan kejadian kesehatan yang signifikan setelah dosis 1 dan 2 dari setiap vaksinasi mRNA.

"Data kami memberikan bukti yang meyakinkan bahwa vaksin mRNA COVID-19 aman pada kehamilan, dengan tingkat efek samping yang signifikan setelah imunisasi pada orang hamil yang lebih rendah daripada penerima vaksin yang tidak hamil untuk kedua vaksin mRNA yang digunakan di Kanada," kata para penulis, dikutip dari Health Day.

Keamanan vaksin mRNA untuk kehamilan, para ahli menyarankan agar wanita hamil memilih vaksin COVID-19 jenis ini.

Artikel Menarik Lainnya:

3 Jenis Anemia Selama Kehamilan Seperti yang Dialami Selebgram Ria Ricis

Anak Masih 6 Bulan, Felicya Hamil Lagi, Ketahui Bahaya Jarak Kehamilan Terlalu Dekat

Penting Jaga Kesehatan Mental selama Kehamilan, Berikut Ini 4 Caranya

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US