The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alasan Penting Nutrisi Pada Anak Harus Tercukupi
Ilustrasi anak yang sehat. (Freepik)
Health

Alasan Penting Nutrisi Pada Anak Harus Tercukupi

Di tengah pandemi Covid-19.

Rabu, 13 Mei 2020 11:02 WIB 13 Mei 2020, 11:02 WIB

INDOZONE.ID - Nutrisi sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah infeksi virus corona baru. Pada anak, infeksi virus apapun dapat berisiko terhadap tumbuh kembangnya.

Menurut ahli tumbuh kembang anak, dr Ahmad Suryawan, SpA (K), dampak infeksi bersifat jangka panjang. Pada anak di bawah enam tahun, infeksi dapat mengganggu tumbuh kembang dasar seperti kemampuan motorik, kemampuan bicara bahasa, dan kemampuan personal kemandirian. Sementara pada anak usia di atas enam tahun, infeksi dapat mengganggu perilaku dan kecerdasannya. 

"Meningkatkan daya tahan tubuh pada anak bukan hanya mencegah virus itu tidak masuk, tetapi juga digunakan untuk menimbulkan energi yang berguna bagi perkembangan otaknya," kata dr Wawan dalam keterangan resminya dari Curcuma Plus.

anak
Ilustrasi anak yang sehat. (Freepik)

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, nutrisi yang cukup pada anak juga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Apabila orangtua tidak yakin kebutuhan nutrisi anaknya tercukupi, bisa diberikan multivitamin atau suplemen tambahan. Tentunya hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Pilihan multivitamin untuk anak banyak tersedia di pasaran. Salah satunya yang mengandung bahan-bahan herbal seperti ekstrak curcuma xanthorrhiza yang didapat dari temulawak. 

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia DR. (Cand.) dr Inggrid Tania, M.Si mengatakan, pemberian multivitamin yang mengandung ekstrak curcuma xanthorrhiza pada anak terbilang aman. Untuk aturan pemberiannya sesuai dosis yang tertera pada kemasan atau berdasarkan petunjuk dari dokter.

"Multivitamin ini dapat memelihara kesehatan dan kebugaran, menjaga imunitas tubuh, serta memperbaiki nafsu makan pada anak," tandas dr Inggrid saat dikonfirmasi Indozone melalui pesan singkat, Rabu (13/5/2020).


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US