The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perut Sering Kembung Selama Berpuasa? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi perut kembung. (canadadrugstore.com)
Health

Perut Sering Kembung Selama Berpuasa? Begini Cara Mengatasinya

Selasa, 12 Mei 2020 17:32 WIB 12 Mei 2020, 17:32 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa orang mungkin sering mengalami yang namanya perut kembung. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab perut kembung.

Mulai dari  makan terlalu cepat, melahap variasi makanan dalam porsi besar, kurang banyak mengunyah hingga memakan makanan yang digoreng dan manis.

Selain itu, melambatnya proses metabolisme akibat tidak makan dan minum dalam periode panjang dan stres juga bisa menjadi faktor penyebab perut kembung. Makanan sehat juga bisa menjadi penyebab perut kembung, loh.

Meski mengandung vitamin B dan kaya protein, kacang-kacangan ternyata bisa menyebabkan perut kembung. Penyebabnya utamanya adalah serat dan oligosakarida.

Oligosakarida merupakan jenis gula yang tidak bisa sepenuhnya dicerna usus halus. Oligosakarida langsung menuju ke usus besar dan diproses oleh bakteri.

Proses ini kemudian menyebabkan fermentasi dan menghasilkan gas. Hal yang sama terjadi pada makanan yang masuk ke usus besar tanpa dicerna di usus kecil, mereka akan menghasilkan gas.

Salah satu contoh makanan tersebut seperti bawang putih dan kol.

Untuk menghindari perut kembung akibat kacang-kacangan, rendam kacang-kacangan di dalam air satu malam.

Jika tidak sempat melakukannya, kamu bisa merebus dalam air mendidih, lalu rendam selama beberapa jam sebelum mengganti airnya dan merebusnya kembali.


Makan kacang 2 kali sepekan dan konsumsi dalam porsi sedikit, tidak lebih dari satu cangkir.

Selain itu, untuk membantu sistem pencernaan, minumlah air putih yang cukup. Selain itu, untuk mengurangi perut kembung kamu juga mengonsumsi rempah-rempah seperti kapulaga atau oregano.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US