The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tusukan Jarum Akupuntur yang Punya Manfaat untuk Kesehatan
ilustrasi orang sedang melakukan akupuntur (PanCAN)
Health

Tusukan Jarum Akupuntur yang Punya Manfaat untuk Kesehatan

Senin, 13 Januari 2020 15:28 WIB 13 Januari 2020, 15:28 WIB

INDOZONE.ID - Padatnya aktivitas sehari-hari dan kurangnya waktu istirahat tentu akan membuat beberapa bagian tubuh nyeri dan pegal. Kalau sudah begini, maka orang-orang pasti akan langsung pergi untuk merilekskan diri sembari mengobati pegal yang dirasakan tubuh.

Untuk menghilangkan nyeri atau pegal di tubuh, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Mulai dari pijat, mengonsumsi obat pereda nyeri hingga melakukan prosedur akupuntur.

Mungkin banyak orang yang sudah tau dan sering mendengar tentang akupuntur. Teknik kesehatan ini identik dengan penggunaan jarum kecil yang ditusuk di titik-titik tertentu pada tubuh.

Anehnya, meski menggunakan media jarum namun teknik kesehatan yang berasal dari Tiongkok ini tak menimbulkan rasa sakit di kulit. Penusukan jarum ke kulit bertujuan untuk mengaktifkan aliran chi yang disebut meridian.

Namun, prosedur kesehatan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli tusuk jarum yang telah memiliki izin. Jarum akupuntur pun harus baru, tak boleh berasal dari jarum bekas orang lain.

Meski metode ini belum teruji secara ilmiah, namun banyak orang yang percaya kalau akupuntur bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang bisa sembuh dengan akupuntur? Ini ulasannya.

1. Mengurangi sakit kepala dan migrain

aku
ilustrasi wanita sedang mengurangi sakit kepala dengan akupuntur (baltimorestyle)

Sebuah penelitian dari Center for Complementary Medicine di University of Munich menunjukkan bahwa, akupuntur bisa jadi alat non-farmakologis pada penderita sakit kepala tegang kronis. Dari hasil penelitian yang melibatkan 2.137 pasien akupuntur dari 11 studi pada tahun 2009, membuktikan bahwa penempatan jarum akupuntur di daerah strategis bisa meminimalisir sakit kepala.

2. Mengobati insomnia

aku
ilustrasi wanita sedang menjalani prosedur akupuntur (harpersb)

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Beijing University of Chinese Medicine pada tahun 2009, menunjukkan bahwa orang insomnia yang melakukan akupuntur, dibantu dengan obat atau jamu memberikan efek lebih baik dibandingkan orang insomnia tapi hanya mengonsumsi obat atau jamu saja.

3. Meredakan nyeri kronis

aku
ilustrasi prosedur akupuntur (beijingtherapycenter)

Berdasarkan dari studi yang dilakukan oleh University Medical Center of Berlin, akupuntur terbukti efektif untuk memperbaiki nyeri punggung. Bahkan pasien yang sudah melakukan akupuntur selama delapan minggu, mengalami perubahan cukup signifikan di tubuhnya.

Sementara itu, sebuah studi yang dilakukan pada 2012 oleh Memorial Sloan-Kettering Department of Epidemiology and Biostatistics, membuktikan bahwa akupuntur bisa meredakan rasa sakit kronis otot punggung, leher, osteoarthritis, dan sakit kepala kronis. 

4. Mencegah kecanduan narkoba

aku
ilustrasi pengobatan akupuntur (unsplash/Antonika Chanel)

Siapa yang sangka jika jarum akupuntur bisa mencegah seseorang untuk kembali kecanduan dengan narkoba. Orang-orang yang tengah menjalani perawatan narkoba, akan ditusuk jarum akupuntur untuk mencegah kembalinya keinginan mengonsumsi narkoba.

5. Baik untuk ibu hamil

aku
ilustrasi wanita hamil sedang melakukan akupuntur (Irish Times)

Selain empat manfaat di atas, akupuntur juga baik untuk ibu hamil. Bahkan banyak dokter yang menyarankan wanita hamil melakukan akupuntur. Tujuannya untuk mengurangi stres, menyeimbangkan hormon, serta meringankan kecemasan dan rasa sakit dari kehamilan dan melahirkan.

Tak hanya itu, akupuntur bagi ibu hamil juga berfungsi untuk meringankan ketegangan fisik dan emosional pada tubuh, membantu membangun suasana hati dan menurunkan depresi ibu setelah melahirkan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US