The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Denyut Nadi Normal Per Menit Sesuai Usia dan Cara Mengukurnya dengan Tepat
Ilustrasi denyut nadi. (Pixabay/kian2018)
Health

Berikut Denyut Nadi Normal Per Menit Sesuai Usia dan Cara Mengukurnya dengan Tepat

Sabtu, 14 Mei 2022 13:30 WIB 14 Mei 2022, 13:30 WIB

INDOZONE.ID - Denyut nadi ialah ukuran untuk mengetahui berapa kali pembuluh darah arteri mengembang dan berkontraksi dalam satu menit sebagai respons terhadap detak jantung.

Melalui denyut nadi, kita bisa tahu detak jantung, irama jantung, hingga kekuatan jantung. Itu artinya dengan memeriksa denyut nadi bisa mengetahui apakah jantung bekerja dengan baik atau tidak.

Selain itu, memeriksa denyut nadi juga membantu kita menemukan masalah kesehatan yang sedang dialami. Misalnya saja, denyut nadi yang lebih cepat disebabkan oleh anemia, demam, beberapa jenis penyakit jantung atau pemakaian obat-obatan tertentu.

Baca juga: Detak Jantung Normal Orang Dewasa, Lansia, dan Anak-Anak

Sedangkan denyut nadi lambat dapat menunjukkan penyakit atau obat-obatan yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Nah, lantas bagaimana cara mengetahui denyut nadi seseorang normal?

Denyut nadi normal

Denyut nadi setiap orang berbeda-beda, tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti usia, suhu udara, aktivitas fisik, posisi tubuh, emosi, ukuran tubuh, tingkat kebugaran dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Berikut ini jumlah denyut nadi normal berdasarkan usia:

  • Bayi sampai usia 1 tahun: 100-160 kali per menit
  • Anak usia 1-10 tahun: 70-120 kali per menit
  • Anak usia 11-17 tahun: 60-100 kali per menit
  • Dewasa: 60-100 kali per menit

Denyut nadi bayi memang cenderung lebih tinggi dibanding dengan orang dewasa, ini karena kebutuhan suplai darah bayi lebih banyak, sehingga jantung harus bekerja lebih keras dan berdetak lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, denyut nadi tersebut bisa berubah tergantung pada aktivitas dari bayi atau anak, semakin aktif anak maka denyut nadi akan meningkat tajam. Begitu juga saat anak sakit atau dehidrasi.

denyut nadi normal
Cara mengukur denyut nadi. (Pixabay/backy3723)

Cara mengukur denyut nadi

Terdapat beberapa titik pada tubuh untuk mengetahui denyut nadi seseorang, mulai dari pergelangan tangan, siku bagian dalam serta sisi leher bagian bawah.

Hanya saja, paling mudah untuk kamu temukan ialah pergelangan tangan. Berikut ini cara mengukur denyut nadi melalui pergelangan tangan:

  • Putar pergelangan tangan, sehingga telapak tangan menghadap ke atas.
  • Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan bagian dalam yang dilewati pembuluh darah arteri. Tekan bagian tersebut sampai merasakan denyut nadi.
  • Hitung denyut nadi selama 60 detik atau bisa menghitung denyut nadi selama 15 detik dan dikalikan 4 agar mendapatkan hasil denyut nadi per menit. Jika belum yakin dengan hasilnya, kamu bisa mengulang pengukuran.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US