The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bertahan Hidup dengan 8 Macam Kanker, Wanita Ini Malah Jadi Atlet
Seorang wanita di Inggris bertahan dengan 8 jenis kanker (Picture: PA Real Life)
Health

Bertahan Hidup dengan 8 Macam Kanker, Wanita Ini Malah Jadi Atlet

Inspirasi hidup yang nyata

Kamis, 15 April 2021 15:23 WIB 15 April 2021, 15:23 WIB

INDOZONE.ID - Seorang wanita bernama Fiona Carey mengalami keajaiban setelah berhasil sembuh dari delapan kanker yang menggerogoti tubuhnya. Usai sembuh, Fiona pun langsung didapuk menjadi kapten untuk tim bola basket kursi roda.

Fiona sebelumnya bekerja di sebuah penerbitan buku-buku pendidikan, namun kesehatannya yang menurun karena mengidap berbagai kanker dan tumor membuatnya terpaksa berhenti pada 2012 silam.

Namun semangat hidupnya menyala kembali setelah ia menyaksikan ajang Paralympic Games di London. Wanita 60 tahun itu pun bersumpah untuk menjadi atlet basket di kursi rida meski ia masih harus berjibaku dengan kanker di tubuhnya.

Baca Juga: Aneh, Sel Kanker Pria Asal Inggris Ini Hilang Setelah Didiagnosis Pneumonia Koroner

"Saya suka rasanya saat menembak bola dan mencetak angka dengan cepat dan kompetitif serta keras. Anda bekerja sepanjang waktu. Menggunakan kursi roda tidak menghalangi saya untuk berolahraga," ujar Fiona seperti dilansir dari Metro. 

"Jauh dari semua itu, saya merasa bebas dan ngomong-ngomong, saya tidak berada di kursi roda, tapi saya menggunakan kursi roda," tambahnya.

(Picture: PA Real Life/Will Johnston Photography)
Fiona menjadi atlet basket di kursi roda (Picture: PA Real Life/Will Johnston Photography).

Fiona pertama kali mengalami masalah kesehatan pada 2001 ketika dia mulai batuk. Dia kemudian didiagnosis menderita kanker ginjal dan petugas medis mengatakan batuknya disebabkan oleh tumor, berukuran 4 x 3 x 2 inci, yang menekan diafragma.

Operasi untuk mengangkat ginjal kirinya dilakukan, tetapi pada tahun 2003 kanker ginjalnya kembali kambuh dan telah menyebar ke paru-parunya yang membuatnya harus lebih banyak melakukan operasi. 

Kemudian pada awal 2011, hampir 10 tahun setelah diagnosis pertama, dokter menemukan jejak kanker lebih lanjut di pankreasnya. Selama bertahun-tahun, delapan tumor telah terdeteksi dan ia terus menjalani operasi, radioterapi, dan ablasi frekuensi radio.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US