The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

2 Suplemen yang Harus Dikonsumsi untuk Mencegah Long COVID-19
Ilustrasi suplemen. (freepik)
Health

2 Suplemen yang Harus Dikonsumsi untuk Mencegah Long COVID-19

Selasa, 18 Januari 2022 20:58 WIB 18 Januari 2022, 20:58 WIB

INDOZONE.ID - Gejala seperti kelelahan dapat bertahan setelah infeksi COVID-19 untuk waktu yang sangat lama, kondisi ini juga disebut  long COVID-19. Tentu kamu tidak ingin dong, terlalu lama dalam kondisi seperti itu.

Dilansir Express, seorang dokter di Inggris merekomendasikan dua suplemen untuk mengatasi kelelahan. Namun, Dr Chris juga mengatakan, jika menderita kelelahan pasca terinfeksi virus corona disarankan untuk istirahat.

Di samping istirahat, minumlah banyak cairan dan jangan lupa untuk konsumsi suplemen.

Ada dua suplemen yang disarankan Dr Chris, yakni Co-enzyme Q10 dan suplemen vitamin B, keduanya membantu tingkatkan energi.

Menurut Web MD, Co-enzyme Q10 adalah zat seperti vitamin penting yang diperlukan untuk fungsi yang tepat dari reaksi kimia dalam tubuh. Sehingga membantu memberi energi ke sel.

Dari data 16 penelitian, 10 di antaranya menunjukkan kemanjuran CoQ10 untuk mengatasi  kelelahan.

Baca juga: PDPI Dorong Biaya Perawatan Pasien Long Covid-19 Ditanggung BPJS

Sementara itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas California Berkeley menyatakan vitamin B membantu mengubah energi makanan menjadi adenosin trifosfat (ATP).

Orang yang menderita penyakit, seperti COVID, mungkin kekurangan vitamin B, itulah kenapa disarankan untuk konsumsi vitamin B untuk mengatasi kelelahan pasca COVID-19.

Semua jenis vitamin B dapat kamu konsumsi untuk mengatasi kelelahan karena vitamin B dikenal sebagai riboflavin, juga melepaskan energi dari makanan, dan membantu menjaga kulit dan mata tetap sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US