Ternyata Ini Sebabnya Bentuk Kepala Bayi Aneh saat Baru Lahir
Ilustrasi bayi (Unsplash/The Honest Company)
Health

Ternyata Ini Sebabnya Bentuk Kepala Bayi Aneh saat Baru Lahir

Bukan masalah

Minggu, 29 Maret 2020 17:15 WIB 29 Maret 2020, 17:15 WIB

INDOZONE.ID - Mungkin banyak orangtua khawatir ketika melihat bentuk kepala anak yang baru lahir. Pasalnya, mungkin merasa bentuk kepala si kecil tidak sama dengan bayi lain.

Tenang, itu bukan masalah. Bentuk kepala anak yang moms rasa aneh adalah hal normal.

Kathleen Rowland, seorang dokter dan profesor di Rush Medical College menjelaskan, penyebab bentuk kepala bayi yang belum sempurna bisa disebabkan karena proses lahir lewat vagina yang sempit, dan bentuknya memang belum sempurna ketika berada di rahim ibu.

"Namun seiring bertambahnya usia bentuknya akan berubah dan normal. Bentuk kepala bayi memang belum sempurna, maka tak heran jika terlihat seperti bayi alien. Namun dalam 24 sampai 72 jam akan terlihat perubahan sedikit demi sedikit," kata Kathleen seperti dilansir Huffpost.

Proses kelahiran normal akan membuat kepala bayi lahir agak memanjang. Hal ini tak ada hubungannya dengan kecerdasan anak nantinya. 

"Beberapa bayi mungkin lahir dengan mengalami pendarahan di kulit kepala (cephalohematoma) sehingga menyebabkan kepala bengkak. Tetapi kondisi ini bisa pulih kembali," paparnya.

Ia menjelaskan, dalam beberapa bulan kedepan bisa pulih kembali. Masalah lain yang terjadi dengan kepala bayi adalah bentuknya datar atau gepeng. Rowland menjelaskan hal itu dapat disebabkan karena ketika lahir bayi banyak tidur.

"Posisi telentang itulah yang mengakibatkan bentuknya datar. Bantuk ini bisa diperbaiki dengan cara memberi posisi terbaik saat menggendong ketika menyusui," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Vessy Dwi

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US