The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gejala Sinusitis dan Apakah Penyakit Tersebut Menular?
Ilustrasi sinusitis (notforlazymoms)
Health

Gejala Sinusitis dan Apakah Penyakit Tersebut Menular?

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:05 WIB 17 Oktober 2020, 15:05 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan penyakit sinusitis sering dianggap memiliki gejala yang serupa dengan virus corona. Nah, itulah kenapa penting untuk mengetahui perbedaan gejala di antara keduanya.

Sinusitis biasanya tidak serius dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, tetapi terkadang bisa menjadi kronis.

Sinus adalah rongga di tengkorak yang dilapisi dengan jaringan merah muda dan lapisan lendir.

Rongga itu berlubang dan biasanya berisi udara, tapi jika tersumbat akan terisi oleh cairan, bakteri, virus, dan bahkan jamur.

Inilah yang menyebabkan sinusitis dan menyebabkan beberapa gejala yang menyakitkan. Sinusitis berbeda-beda tergantung pada sinus mana yang tersumbat, misalnya saja frontal, rahang atas, ethmoid, atau sphenoid.

Gejalanya akan terasa terlihat bengkak, dan nyeri di sekitar sinus. Tapi jika sinus  frontal tersumbat, kamu akan merasakan sakit di atas mata dan di dekat alis.

Jika yang tersumbat adalah sinus maksilaris, kamu akan merasakan sakit di tulang pipi. Sementara jika kamu merasakan nyeri di belakang pangkal hidung dan di antara mata, itu artinya sinus ethmoid yang tersumbat.

Sinus sphenoid tersembunyi lebih dalam di belakang ethmoids, dan jika tersumbat kamu akan merasakan sakit di atas hidung dan di belakang mata.

Gejala lain yang perlu kamu ketahui ialah, hidung tersumbat, indra penciuman berkurang, lendir hijau atau kuning dari hidung, sakit kepala sinus, suhu tinggi, sakit gigi dan bau mulut.

Sinusitis juga dapat menular, tapi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Jika infeksi sinus disebabkan oleh bakteri atau alergi, itu tidak menular.

Namun jika disebabkan oleh virus penyakit ini bisa menular melalui tetesan air saat bersin atau batuk. Hanya saja orang yang tertular  virus tidak berarti sinus mereka akan terinfeksi. Mereka hanya akan terkena flu biasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US