The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Meningkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona
Ilustrasi herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Pexels/Pixabay)
Health

Cara Meningkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Corona

Dengan imunomodulator.

Selasa, 11 Agustus 2020 20:32 WIB 11 Agustus 2020, 20:32 WIB

INDOZONE.ID - Virus corona rentan menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Karena itu, seseorang dianjurkan dapat meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi berlangsung untuk mencegah penularan yang semakin memburuk.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, perlu mengkonsumsi gizi lengkap seimbang, istirahat cukup, olahraga teratur setidaknya setiap hari selama setengah jam dan di dalam rumah. Kemudian tidak merokok dan hindari alkohol," jelas dr. Inggrid dalam webinar baru-baru ini.

Ia juga menekankan pentingnya tubuh tetap terhidrasi selama pandemi dengan memperbanyak minum air putih setiap harinya. Tak kalah penting, menurutnya, adalah mengkonsumsi suplemen tambahan untuk tubuh.

"Kita perlu mengkonsumsi suplemen yang meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam mencegah infeksi dari Covid-19," lanjutnya.

Selain mengkonsumsi suplemen, memanfaatkan bahan-bahan herbal juga bisa dilakukan untuk melawan infeksi virus karena berperan sebagai imunomodulator.

Imunomodulator adalah senyawa yang dapat memodulasi atau memengaruhi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, sehingga dapat menekan reaksi sistem imun yang berlebihan.

Beberapa bahan herbal dari Indonesia yang dikenal sebagai imunomodulator untuk melawan infeksi virus adalah sambiloto, jahe merah, bawang putih, kunyit, dan jintan hitam.

"Sambiloto bisa menurunkan demam. Jadi ketika ada infeksi virus sering muncul gejala demam. Dengan sambiloto demam bisa diturunkan," pungkas dr. Inggrid.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US