The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Biji Wijen Hitam Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan
Wijen Hitam. (Foto: Pixabay/dabok2014)
Health

Ternyata Biji Wijen Hitam Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan

Apa manfaatnya?

Rabu, 18 November 2020 15:29 WIB 18 November 2020, 15:29 WIB

INDOZONE.ID - Jika kamu pernah makan onde-onde, kamu pasti tahu apa itu biji wijen. Di Indonesia, kamu bisa menemukan biji wijen pada seluruh permukaan onde-onde atau di atas roti burger. Biji wijen digunakan sebagai bahan makanan karena bisa memberikan aroma yang sedap pada makanan.

Pada umumnya, biji wijen identik dengan biji berwarna putih atau krem yang berukuran sangat kecil. Namun, apakah kamu mengetahui kalau ada jenis biji wijen lainnya yang tidak berwarna putih? Dilansir dari healthline, ada beberapa jenis biji wijen dengan warna yang berbeda, seperti abu-abu, coklat, dan hitam.

Baca Juga: Cobain Resep Dasar Ayam Popcorn yang Bikin Nagih

Di Asia, biji wijen yang berwarna putih dan hitam merupakan jenis biji wijen yang paling sering digunakan. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, salah satunya soal cita rasa. Biji wijen hitam cenderung memiliki cita rasa yang lebih pedas dan pahit, sedangkan biji wijen putih cenderung memiliki cita rasa yang manis.

Meski begitu, saat ini biji wijen hitam semakin mendapatkan popularitas. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi pada biji wijen hitam yang dianggap bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Biji wijen hitam memiliki kandungan protein, serta, magnesium, zat besi, lemak tak jenuh, serta kandungan nutrisi lainnya.

Biji wijen hitam dinilai bisa membantu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Sebab, biji wijen hitam sangat kaya akan antioksidan dibandingkan dengan jenis biji wijen lainnya. Dengan mengonsumsi biji wijen hitam, kamu bisa mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Nutrisi yang terkandung di dalam biji wijen hitam juga bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, biji wijen hitam sangat baik jika dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah rendah. Sebab, biji wijen hitam bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US