The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pasien Covid-19 Umumnya Tak Tahu Bagaimana Bisa Tertular
Ilustrasi jaga jarak (Unsplash/Kate Trifo)
Health

Pasien Covid-19 Umumnya Tak Tahu Bagaimana Bisa Tertular

Rabu, 01 Juli 2020 11:40 WIB 01 Juli 2020, 11:40 WIB

INDOZONE.ID - Virus corona mudah menular antar manusia, apalagi mereka yang memiliki imunitas yang rendah. Tapi, kebanyakan pasien tidak tahu bagaimana dirinya bisa tertular virus tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, hanya 27 persen pasien yang terdiagnosis Covid-19 tahu kalau dirinya pernah melakukan kontak dengan seseorang yang juga terinfeksi virus corona.

Sedangkan sebanyak 46 persen dari 350 pasien positif Covid-19 tidak tahu bagaimana dirinya bisa tertular.

“Ini menunjukkan fakta bahwa walau kita sudah tahu bagaimana cara penularan Covid-19 tapi kita tidak yakin menilai risikonya saat berinteraksi dengan orang lain,” kata Dr.Eric Cioe Pena, direktur kesehatan global dari Northwell Health, New York, AS.

Itulah kenapa sangat penting untuk menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi virus corona. Tak hanya itu saja, penggunaan masker juga penting saat berada di luar rumah. Karena mungkin banyak orang yang sudah terinfeksi tapi tak menunjukkan gejala (OTG).

OTG pada umumnya memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19, hal ini diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kontak erat di sini ialah kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung dalam radius satu meter dengan pasien berstatus dalam pemantauan (PDP) atau positif Covid-19 dalam 2-14 hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US