The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Ampuh Tingkatkan Produksi ASI 
Ilustrasi ibu menyusui (Freepik)
Health

5 Cara Ampuh Tingkatkan Produksi ASI 

Buat ibu menyusui.

Jumat, 13 Maret 2020 21:16 WIB 13 Maret 2020, 21:16 WIB

INDOZONE.ID - Setiap ibu baru pasti pernah mengalami kekhawatiran berlebih usai melahirkan si buah hati. Terkadang ketidaksempurnaan dan minimnya informasi membuat ibu merasa gagal. Ada apa dengan diriku, tubuhku, bagian mana yang salah. Ingin rasanya menepis satu demi satu. 

Seiring berjalannya waktu, tentu kamu semakin memahami bahwa sharing dengan teman maupun kelurga jadi obat yang tepat. Kegelisahan para ibu tentu beralasan hanya saja informasinya belum lengkap. 

Setiap perempuan secara alami dapat memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Produksi ASI yang berkurang di awal-awal masa menyusui itu hal yang wajar terjadi diakibatkan oleh stress karena adanya penyesuaian dan adaptasi memiliki newborn baby.
 
Tenang, nggak usah galau berlarut-larut, Indozone akan membagikan trik untuk membantu kamu memproduksi ASI lebih banyak lagi. 

1. Meski selalu ditolak atau tak keluar ASI nya, teruslah semangat menyusui sesering mungkin.

Ilustrasi ibu menyusui
Ilustrasi ibu menyusui (Freepik)

Produksi ASI yang sedikit bukan berarti berhenti menyusui ya. Justru waktu menyusui harus ditambah dan dilakukan secara konsisten. Seringnya menyusui berbanding lurus dengan produksi ASI. Sehingga, semakin sering kita menyusui maka produksi ASI akan semakin banyak.

2. Jangan lupa lakukan power pumping.   

Ilustrasi power pumping
Ilustrasi power pumping (Freepik)

Power pumping merupakan teknik pompa ASI dengan meniru frekuensi menyusu pada bayi yang sedang mengalami masa growth spurt, sehingga membutuhkan jumlah ASI yang lebih banyak dari biasanya, karena sedang berada di masa pertumbuhan yang pesat. Kamu bisa melakukan teknik power pumping ini di pagi atau malam hari selama 1 jam.

3. Stop stres!

Ilustrasi ibu stres
Ilustrasi ibu stres (Freepik)

Produksi ASI berkurang bisa dikarenakan stress. Jadi, sebisa mungkin kegiatan ASI dilakukan dengan perasaan nyaman dan tenang ya.

4. Perbanyak mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Ilustrasi makanan bergizi
Ilustrasi makanan bergizi (Freepik)

Ternyata ketika masa menyusui, kita memerlukan tambahan asupan kalori sebesar 300 - 500 kalori setiap harinya. Jadi, dengan konsumsi makanan yang bergizi serta kalori yang sesuai dengan kebutuhan, dapat membantu meningkatkan kualitas dan produksi ASI. Biasanya, aku juga minum susu ibu hamil agar produksi ASI lebih banyak.

5. Sesekali dipijat dan bersihkan payudara.

Ilustrasi memijat payudara
Ilustrasi memijat payudara (Freepik)

Bersihkan puting susu dengan baby oil sambil memilin-milin puting agar jalan keluar ASI lancar. Lakukan setiap 3 - 5 hari sekali. Kemudian sering-seringlah lakukan pijatan pada payudara dengan gerakan melingkar.

Meski terkesan sepele, menyusui memerlukan dukungan yang kuat biasa dari orang-orang terdekat lho. Jadi pastikan ibu menyusui dalam kondisi bahagia ya! 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US