The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Teori Baru Menyebutkan Tikus Adalah Binatang Yang Munculkan Varian Omicron
Tikus (Foto oleh Alexas Fotos dari Pexels)
Health

Teori Baru Menyebutkan Tikus Adalah Binatang Yang Munculkan Varian Omicron

Jumat, 03 Desember 2021 11:59 WIB 03 Desember 2021, 11:59 WIB

INDOZONE.ID - Para ilmuwan akhirnya mengungkapkan bahwa varian Omicron bukan berasal dari manusia tetapi dari tikus. Teori yang masih dugaan ini pun membuat para ilmuwan itu terkejut.

Kemungkinan teori ini dideskripsikan sebagai reverse zoonosis, yakni virus Corona dari hewan meloncat ke manusia, lalu loncat lagi ke hewan. Diyakini, SARS-CoV-2 menular lagi ke hewan pada pertengahan 2020.

Seperti yang Indozone kutip dari Livescience, perbedaan varian Omicron dengan varian lainnya membuat teori tersebut semakin didukung. Hal ini sendiri diungkap oleh Kristian Andersen, peneliti imunologi dari Scripps Research Institute.

Ia menyebut bahwa reverse zoonosis dinilai paling mungkin terjadi dibandingkan teori lain tentang asal usul varian Omicron. Diketahui bahwa teori yang dimaksud adalah varian ini berevolusi pada manusia dengan kondisi immunocompromized atau daya tahan tubuh melemah.

Tak hanya itu, disebutkan juga bahwa dari sekian banyak mutasi varian Omicron, 7 di antaranya memungkinkan varian ini menginfeksi hewan pengerat termasuk tikus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US