The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Menarik dan Manfaat Susu Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan
Ilustrasi susu. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Health

Fakta Menarik dan Manfaat Susu Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Jumat, 26 November 2021 22:54 WIB 26 November 2021, 22:54 WIB

INDOZONE.ID - Susu merupakan cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat.

Disisi lain, susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Kini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Selain untuk meningkatkan produktif umur, susu juga dapat membantu pertumbuhan. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Untuk itu lihat beberapa fakta menarik tentang susu dan manfaat kesehatan yang terkait dengan produk susu.

1. Produsen Terbesar

susu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Dilansir dari India Times, India adalah produsen dan konsumen susu terbesar di India. Total produksi susu negara kita sekitar 140 miliar liter per tahun.

Setelah India, ada pula Amerika Serikat yang memiliki sejumlah pabrik pengolahan susu yang didistribusikan di 23 negara, antara lain Texas, Wisconsin, New York, Minnesota, dan Idaho. Produksi tahunan susu di Amerika Serikat mencapai sebanyak 93 juta ton.

2. Produksi Susu

susu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Rata-rata, sapi normal menghasilkan sekitar 4 liter susu per hari, sedangkan sapi perah akan menghasilkan rata-rata 25-30 liter susu per hari, yang setara dengan sekitar 100 gelas.

3. Keju Terlangka di Dunia

keju pule
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Keju pule adalah keju paling langka dan mahal di dunia yang terbuat dari susu keledai. Dibutuhkan 25 liter susu keledai untuk membuat hanya satu kilogram keju ini yang dijual dengan harga 600 dollar (Rp8,6 juta)/pon.

Keju Pule atau magare?i sir, adalah keju Serbia yang terbuat dari 60% susu keledai Balkan dan 40% susu kambing. Pule diproduksi di Cagar Alam Zasavica.

Baca juga: Mengenal Sukun, Tanaman yang Disebut Sebagai Buah Roti dan Lebih Baik dari Gandum

4. Sumber Kalsium

susu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Susu adalah satu-satunya makanan yang Anda dapat bertahan hidup sepenuhnya. Ini mengandung semua sembilan asam amino esensial, bersama dengan protein, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh Kamu setiap hari.

5. Uji Pemalsuan Air

susu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Letakkan setetes susu di atas permukaan yang miring. Jika mengalir pelan-pelan dengan meninggalkan jejak yang terlihat, maka ia suci dan jika mengalir turun dengan cepat tanpa meninggalkan bekas, maka ia bercampur dengan air.

6. Uji Kemurnian

susu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Rebus susu beberapa saat hingga berubah menjadi Khoya. Jika khoya padat dan meninggalkan residu kasar, maka khoya tersebut dipalsukan dan jika meninggalkan residu berminyak, maka susu tersebut berkualitas baik.

7. Disimpan dalam yang Lama

susu
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Meskipun susu dapat bertahan sekitar 3-6 hari di lemari es, susu dapat disimpan hingga 6 bulan dengan menyimpannya di dalam freezer.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US