The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pencangkokan Ginjal Babi ke Manusia Kembali Tuai Keberhasilan Kembali
Ilustrasi babi berwarna pink. (Foto oleh mali maeder dari Pexels)
Health

Pencangkokan Ginjal Babi ke Manusia Kembali Tuai Keberhasilan Kembali

Selasa, 21 Desember 2021 14:29 WIB 21 Desember 2021, 14:29 WIB

INDOZONE.ID - Pencangkokan ginjal babi ke manusia akhirnya berhasil dilakukan lagi untuk kedua kalinya. Hal ini sendiri dikonfirmasi oleh ahli bedah di New York University Langone Health.

Hal ini pun dianggap sebuah pencapaian baik yang mana dapat membuka jalan bagi penggunaan organ non-manusia pada pasien yang membutuhkan transplantasi untuk menyelamatkan nyawa.

Namun perlu digarisbawahi bahwa seperti yang kami kutip dari IFL Science, kedua operasi yang telah terjadi dan berhasil hingga saat ini, itu merupakan eksperimental saja. Ini artinya, orang-orang yang dilibatkan merupakan mereka yang memiliki harapan kecil untuk hidup.

Transplantasi pertama sendiri dilakukan oleh seorang wanita yang mengalami mati otak, dan pihak keluarga sendiri telah mengizinkan bahwa ia akan mencari 'percobaan' dalam transplantasi tersebut.

Lalu transplantasi kedua dilakukan kepada individu yang baru saja dinyatakan meninggal di mana sebelumnya ia dirawat menggunakan ventilator. Prosesnya sendiri dilakukan oleh tim ahli bedah.

Kendati demikian, proses ini sebetulnya masih butuh percobaan lebih lanjut. Hal ini karena masih belum ada percobaan kepada manusia yang benar-benar dalam kondisi sehat.

Maksudnya begini, orang-orang yang masuk dalam 'percobaan' ini, hanyalah orang-orang yang dianggap 'sebentar' lagi akan meninggal dunia. Jadi, masih belum ada orang yang dicoba untuk melakukan prosedur ini dengan kondisi hanya sakit sementara namun memiliki harapan hidup yang tinggi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US