The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penting Jaga Kesehatan Mental selama Kehamilan, Berikut Ini 4 Caranya
Ilustrasi ibu hamil. (freepik)
Health

Penting Jaga Kesehatan Mental selama Kehamilan, Berikut Ini 4 Caranya

Kamis, 27 Januari 2022 15:25 WIB 27 Januari 2022, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Kehamilan merupakan perjalanan indah dalam hidup seorang wanita, meski kadang menakutkan, tapi kehamilan sangat menyenangkan bagi wanita.

Selama kehamilan wanita harus menjaga gaya hidupnya, dari mulai makanan hingga emosional. Jangan sampai wanita hamil mengalami masalah kesehatan mental, karena ini akan berdampak pada bayi yang dikandungnya.

Untuk itu, wanita hamil harus menjaga kesehatan mentalnya dengan beberapa cara sehat ini, agar ibu dan bayi lebih bahagia.

Dilansir India TV, berikut ini beberapa caranya!

1. Yoga

Yoga memberikan manfaat kesehatan holistik bagi calon ibu. Ini membantu menjaga tubuh tetap lentur. Selain itu, yoga juga membantu kamu bernapas lega dan rileks serta mengurangi efek gejala umum seperti mual di pagi hari, kram kaki yang menyakitkan, pergelangan kaki bengkak, dan sembelit.

jaga kesehatan mental ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil yoga. (freepik)

Baca juga: Studi Sebut Corona Bisa Pengaruhi Wanita Hamil dengan Kelahiran Prematur hingga Hipertensi

2. Meditasi

Studi ilmu saraf telah membuktikan Meditasi dalam bentuk apa pun membantu wanita hamil menjaga stres dan semangat mereka. Ini membantu menumbuhkan perhatian dan kesadaran, dan pengurangan kecemasan dan perasaan negatif seperti permusuhan, depresi, stres dan kecemasan.

jaga kesehatan mental ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil. (freepik)

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati, yang pada gilirannya membantu menurunkan stres dan kecemasan. Selain itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang bermanfaat dalam meningkatkan kecemasan, mengurangi depresi selama kehamilan dan stres.

jaga kesehatan mental ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil mendengarkan musik. (freepik)

4. Nutrisi

Jenis makanan alami yang tepat termasuk antioksidan dan mikronutrien memainkan peran yang sangat penting dalam mengelola keseimbangan dan respons mental dan emosional seseorang.

Antioksidan alami dari bahan tumbuhan terutama polifenol, karotenoid, kalium dan vitamin E dan C meningkatkan kadar serotonin yang berhubungan langsung dengan perasaan bahagia dan damai.

jaga kesehatan mental wanita hamil
Ilustrasi ibu hamil. (freepik)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US