The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mendadak Anti Sosial, Tanda Orang akan Mengalami Depresi
Ilustrasi orang depresi. (Freepik)
Health

Mendadak Anti Sosial, Tanda Orang akan Mengalami Depresi

Jangan abaikan dia.

Jumat, 21 Januari 2022 17:30 WIB 21 Januari 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Terkadang kita tidak sadar dengan perubahan mendadak perilaku seseorang. Padahal, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh masalah psikologis atau masalah mental. Tanda orang mengalami depresi terkadang sulit dikenali.

Karena itu, ketika ada orang terdekatmu yang mendadak anti sosial atau berprilaku tidak seperti biasanya, jangan buru-buru menghakiminya. Cobalah cari tahu alasan di balik perubahan sikapnya.

Berikut tanda-tanda seseorang akan mengalami depresi dan membutuhkan bantuan:

1. Mendadak anti sosial

tanda-tanda orang depresi
Ilustrasi orang depresi. (Freepik)

Jika orang yang kamu kenal ceria dan suka berbaur mendadak menarik diri dari lingkungan sekitarnya dengan memutuskan semua kontak sosial, ada kemungkinan dia mengalami depresi.

Untuk memastikannya, ajak ia berbicara. Pastikan kamu bisa menjadi orang kepercayaannya untuk membicarakan masalah yang selama ini mengganjalnya. Jika sudah dipastikan depresi, bantu dia menemui psikiater atau psikolog.

Baca juga: Jangan Bingung, Begini Cara Menghadapi Teman yang Depresi

2. Selalu merasa bersalah

tanda-tanda orang depresi
Ilustrasi depresi. (Unsplash/Dmitry Schemelev)

Jika seseorang selalu menyalahkan diri sendiri dan berada dalam cengkeraman rasa bersalah dan kurang percaya diri, yang sebelumnya hal tersebut belum pernah terjadi itu mungkin menandakan bahwa mereka sedang depresi.

Meski terlihat sepele, namun perasaan tersebut dapat memicu pikiran untuk bunuh diri. Jadi, penting meyakinkan orang tersebut bahwa tidak ada yang salah dengan mereka lakukan.

3. Tidak bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari

tanda orang depresi
Ilustrasi depresi. (Freepik)

Tanda lain seseorang mengalami depresi adalah hilangnya minat atau semangat dalam kegiatan sehari-hari. Jika kamu mengenal seseorang yang dulunya sangat bersemangat untuk melakukan hal-hal kecil dan sekarang menghindarinya, kemungkinan ia depresi.

4. Mengalami kecemasan yang berlebihan

tanda orang depresi
Ilustrasi orang depresi. (Freepik)

Stres yang tinggi dan mengalami kecemasan yang berlebihan serta gelisah bisa menandakan seseorang seang depresi. Mereka juga biasanya sering menangis dan merasa menderita setiap melakukan sesuatu.

Jika kamu melihat temanmu merasa gelisah terus menerus, carikanlah bantuan untuknya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US