The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pertolongan Pertama Selamatkan Nyawa Orang yang Kolaps seperti Christian Eriksen
Christian Eriksen saat dibawa ke rumah sakit (Pool via REUTERS/Friedemann Vogel)
Health

Pertolongan Pertama Selamatkan Nyawa Orang yang Kolaps seperti Christian Eriksen

Tindakan cepat.

Selasa, 15 Juni 2021 08:05 WIB 15 Juni 2021, 08:05 WIB

INDOZONE.ID - Serangan jantung bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja. Berkaca pada insiden pingsannya bintang Timnas Denmark Christian Eriksen di lapangan, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena serangan jantung?

Kolapsnya Eriksen di pertandingan Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia menunjukkan betapa pentingnya pemahaman terhadap pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Kejadian Eriksen yang tersungkur tiba-tiba di menit 43 mengejtukan para pemain dan penonton.

Beruntung Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer, bertindak cepat dengan melakukan pertolongan pertama untuk rekannya itu hingga tim medis datang. Kjaer melakukan CPR yang membantu menyelamatkan nyawa Eriksen setelah sebelumnya memastikan lidah pemain 29 tahun itu agar tak tertelan saat pingsan. 

Melihat kejadian tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama jika seseorang di sekitar Anda mengalami gejala serangan jantung dan tidak sadarkan diri.

Baca Juga: Nyaris Tewas karena Serangan Jantung di Lapangan, Christian Eriksen Langsung Ingin Main

Dilansir dari Alodokter, pertama-tama, Anda harus segera menghubungi ambulans atau meminta orang lain untuk menelepon rumah sakit terdekat. Sembari menunggu pertolongan datang, Anda bisa melakukan RJP (resusitasi jantung paru) dengan cara baringkan pasien di tempat yang datar kemudian lakukan tindakan kompresi dada saja. 

Jika Anda belum pernah mendapatkan pelatihan RJP, Anda bisa melakukan tindakan kompresi dada dengan meletakan satu telapak tangan pada bagian tengah dada korban, lalu letakkan tangan satunya di atas tangan yang pertama.

Selanjutnya, eratkan jari-jari kedua tangan dan lakukan penekanan pada dada hingga 5–6 cm ke bawah, lalu lepaskan. Lakukan tindak kompresi dada sebanyak 100-120 kali tiap menit hingga pertolongan datang atau pasien merespons. Bergantianlah dengan penolong lain jika Anda kelelahan melakukan RJP sendiri.

Namun jika Anda sudah terlatih, Anda bisa melakukan RJP dengan bantuan napas. Jika di sekitar Anda terdapat AED (automated external defibrillator), Anda bisa menggunakannya dengan menyalakannya dan ikuti panduan suara yang keluar dari AED mengenai langkah-langkah penggunaan AED tersebut.

Lalu segera bawa pasien ke UGD rumah sakit terdekat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US