The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jepang Laporkan ada Virus Baru Bernama Virus Yezo Yang Berasal Dari Kutu
Warga Jepang (REUTERS/ KYUNG-HOON)
Health

Jepang Laporkan ada Virus Baru Bernama Virus Yezo Yang Berasal Dari Kutu

Kamis, 07 Oktober 2021 12:58 WIB 07 Oktober 2021, 12:58 WIB

INDOZONE.ID - Para peneliti di Jepang telah mengungkapkan ada temuan virus baru bernama virus Yezo. Virus ini disebut bisa menginfeksi manusia dan bisa menyebabkan penyakit.

Disebutkan bahwa virus tersebut berasal dari gigitan kutu yang bisa menyebabkan penyakit dengan gejala demam, penurunan trombosit darah dan sel putih.

Virus ini pertama kali diidentifikasi dari seorang pria berusia 41 tahun yang awalnya dirawat di rumah sakit pada tahun 2019 lalu dengan keluhan demam dan nyeri kaki setelah digigit kutu saat berjalan di hutan Hokkaido.

Usai dua minggu dirawat, ia pun dipulangkan. Alasan mengapa ia dipulangkan karena mendapati hasil yang negatif untuk semua virus tick-borne yang diketahui pada saat itu. Namun, pada tahun berikutnya, pasien lain dirawat dengan gejala serupa setelah juga digigit kutu.

Karena hal tersebut, para peneliti di Universitas Hokkaido, termasuk ahli virologi di Institut Internasional untuk Pengendalian Zoonosis Universitas Keita Matsuno, melakukan analisis genetik pada sampel darah dari dua pasien dan menemukan nairovirus baru.

Kategori virus ini dinamai "Virus Domba Nairobi" dan termasuk virus demam berdarah Krimea-Kongo, keduanya juga ditularkan melalui gigitan kutu.

Hingga pada akhirnya, mereka menemukan virus Yezo yang berhasil membuat seseorang menderita demam tinggi, penurunan trombosit darah dan sel darah putih. Bahkan dalam kasus tertentu, bisa menunjukkan tanda-tanda fungsi hati yang abnormal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US