The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Bahaya Tidur Sambil Duduk, Bisa Berakibat Fatal
Ilustrasi tidur sambil duduk. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Ini Bahaya Tidur Sambil Duduk, Bisa Berakibat Fatal

Waspadai.

Minggu, 24 Oktober 2021 12:07 WIB 24 Oktober 2021, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Kamu mungkin pernah sesekali tidur di depan laptop dalam posisi duduk. Istirahat sebentar itu mungkin membuat matamu segar lagi.

Tapi kamu juga merasakan kaku di punggung, leher, dan bahu. Jika kamu sering tidur dalam posisi duduk seperti itu, dapat berakibat fatal lho.

Tidak bergerak dalam satu posisi dapat menyebabkan nyeri punggung dan tubuh yang dapat merusak postur tubuh. Untuk itu, peregangan perlu dilakukan agar mencegah kekakuan.

Tidur atau tidak aktif dalam posisi duduk juga dapat membebani persendian dan membuatnya kaku. Hal ini meningkatkan risiko penyakit parah seperti trombosis vena dalam.

Selain rasa sakit pada punggung, leher, dan bahu, tidur sambil duduk juga dapat membuatmu lebih rentan terhadap deep vein thrombosis. Ini adalah kondisi ketika gumpalan darah atau trombus terbentuk di satu atau lebih vena di dalam tubuh, terutama kaki.

Jika kondisi ini tidak disadari dan dibiarkan saja, dapat menimbulkan situasi darurat yang bahkan bisa menyebabkan kematian.

Risiko terbesar terjadi ketika bagian dari bekuan darah pecah dan berjalan ke paru-paru atau otak, mengakibatkan kerusakan yang signifikan dan kematian mendadak.

BACA JUGA: Anak yang Makan Buah dan Sayuran Punya Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Berikut gejala deep vein thrombosis yang harus diwaspadai:

1. pembengkakan dan nyeri pada otot betis, pergelangan kaki atau kaki
2. Kulit memerah dan hangat, akibat peradangan
3. Nyeri pada pergelangan kaki atau kaki secara tiba-tiba.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US