The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ahli Bedah di AS Berhasil Transplantasi  Ginjal Babi ke Tubuh Manusia, Ini Rahasianya
Proses transplantasi ginjal babi ke tubuh manusia. (Foto/ NYU Langone Health/Handout via REUTERS)
Health

Ahli Bedah di AS Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Tubuh Manusia, Ini Rahasianya

Kamis, 21 Oktober 2021 15:56 WIB 21 Oktober 2021, 15:56 WIB

INDOZONE.ID - Dunia kesehatan dikejutkan dengan transplantasi yang dilakukan oleh ahli bedah NYU Langone Health di Kota New York. 

Ahli bedah tersebut baru saja melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia. Ginjal tersebut terlebih dahulu diubah secara genetik agar bisa terpasang dan bekerja secara normal di tubuh manusia.

Dikutip dari New York Times, Kamis (21/10), para peneliti diketahui sejak lama telah melakukan pencocokan dan pengubahan genetik terhadap ginjal babi, seperti melakukan kloning dan rekayasa genetika.

Meski dihujani berbagai pertanyaan terkait dampak yang akan didapat oleh si penerima, namun ahli bedah itu mengambil langkah cukup berani untuk melakukan transplantasi ginjal tersebut ke pasien mati otak  dengan gangguan ginjal yang dibiarkan tetap hidup dengan ventilator.

Dengan persetujuan keluarga, mereka mulai melakukan pemasangan. Mereka lalu mengikuti respon tubuh saat mengukur fungsi ginjal dan menunggu hasilnya selama 54 jam.

Hasilnya sejauh ini menggembirakan. Ginjal babi yang ditransplantasikan ke tubuh manusia itu menghasilkan urin sebanyak yang dihasilkan ginjal manusia pada umumnya.

s
Proses saat ginjal akan ditransplantasi ke tubuh manusia. (Foto/ NYU Langone Health/Handout via REUTERS)

Namun, transplantasi itu belum bisa dilakukan untuk orang-orang lainnya dalam waktu dekat lantaran terdapat peraturan juga rintangan medis yang harus diatasi.

Meski begitu, para ahli di lapangan memuji transplantasi itu sebagai sejarah terbaru di dunia kesehatan.

"Ini adalah terobosan besar," ujar Dr Dorry Segev, seorang profesor bedah transplantasi di Johns Hopkins School of Medicine. 

Saat ini, terdapat lebih dari 100 ribu warga Amerika Serikat yang tengah menunggu transplantasi organ dengan 90.240 jiwanya membutuhkan ginjal. 12 orang dalam daftar tunggu setiap harinya meninggal dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US