The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Trik Bawa Anak ke Dokter Gigi Tanpa Rasa Takut
Ilustrasi anak ke dokter gigi. (Pexels/MM Dental)
Health

Trik Bawa Anak ke Dokter Gigi Tanpa Rasa Takut

Bisa dicoba.

Rabu, 15 September 2021 06:01 WIB 15 September 2021, 06:01 WIB

INDOZONE.ID - Mengajak anak memeriksakan gigi ke dokter bukan perkara mudah. Hal ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan keluarga dan orang sekitar yang sering menakut-nakuti anak dengan mengatakan jika mereka nakal, akan dibawa ke dokter untuk disuntik.

Bayangan itulah yang kerap membuat anak menjadi takut untuk bertemu dokter, tak terkecuali dokter gigi. Namun untuk mengurangi rasa takut anak bertemu dokter gigi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua.

Dokter gigi sekaligus Co-Founder Rata Indonesia, drg. Deviana Maria mengatakan, orangtua bisa mengenalkan anak-anak dengan dokter gigi sedini mungkin.

"Tips yang bisa dilakukan adalah kenalkan anak dengan dokter gigi sedini mungkin atau ketika gigi pertama sudah tumbuh," kata drg. Devi kepada Indozone ditulis Rabu (15/9/2021).

Selain itu, ia menyarankan memberikan waktu untuk dokter gigi dan anak mengakrabkan diri sebelum melakukan tindakan.

"Jangan langsung melakukan tindakan karena khawatir akan membuat anak takut. Berikan dokter gigi waktu lebih banyak untuk berkenalan dan mengakrabkan diri dengan anak," lanjutnya.

BACA JUGA: Clear Aligner Jadi Tren Meratakan Gigi, Ini Kelebihannya Dibanding Behel

Sementara untuk mengalihkan perhatian anak, drg. Devi mengatakan tak ada salahnya membawa mainan favorit si kecil agar ia merasa nyaman dan tidak tegang.

"Orang tua pun harus tetap menemani anak di ruang pemeriksaan agar ia merasa tenang dan tetap rajin mengingatkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US