The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Walau Murah, ini Kandungan Gizi Tempe yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi/amazon.co.uk
Health

Walau Murah, ini Kandungan Gizi Tempe yang Harus Kamu Ketahui

Senin, 06 Januari 2020 14:24 WIB 06 Januari 2020, 14:24 WIB

INDOZONE.ID - Tempe memang dikenal sebagai salah satu makanan yang murah. Makanan ini juga mudah ditemui dimana saja dan menjadi favorit sebagian orang. Tempe juga bisa diolah menjadi makanan yang lezat sehingga naik kelas.

Meski harga tempe murah, namun kandungan gizinya jauh dari kata murahan. Kandungan gizinya yang tinggi membuat tempe baik untuk dikonsumsi sehari- hari.

Kandungan Gizi Tempe
Ilustrasi/Unsplash/@ellaolsson

Sebagai salah satu makanan yang sehat, inilah kandungan gizi tempe yang perlu kamu ketahui:

1. Prebiotik

Prebiotik adalah jenis serat yang mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Selain itu, prebiotik juga berpotensi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan daya ingat. Nah, tempe mengandung prebiotik sehingga baik untuk kesehatan.

2. Protein

Zat gizi utama dalam tempe adalah protein. Kandungan protein dalam tempe tergolong istimewa karena terdiri atas beragam jenis asam amino esensial yang berguna sebagai zat pembangun tubuh. Bagi kamu yang vegetarian, tempe adalah pilihan sumber protein nabati yang tepat. Bahkan jika kamu membeli 166 gram tempe saja, kamu bisa memperoleh asupan protein sebesar 33 gram.

3. Karbohidrat dan Serat

kandungan gizi tempe
Ilustrasi/goodindonesianfood.com

Karbohidrat juga terkandung dalam tempe. Sebagai gambaran, dalam setiap 84 gram tempe terkandung 9-10 gram karbohidrat. Kamu juga bisa mencukupi kebutuhan 28 persen dari kebutuhan serat dalam berat tempe yang sama.

4. Lemak Sehat

Tempe mengandung berbagai jenis lemak tumbuhan yang sehat karena terbuat dari tumbuhan. Dalam setiap 166 gram tempe, akan terkandung total lemaksebesar 19 gram. Sebagian besar lemak ini merupakan lemak tidak jenuh tunggal dan jamak, asam lemak omega-3 dan omega-6. Konsumsi lemak sehat dapat membantu menahan rasa lapar dan mengontrol koleterol jahat atau LDL.

5. Mineral

Kandungan mineral seperti Kalsium, Magnesium, Kalium, Zinc, Tembaga, Zat besi, Natrium, dan Fosfor juga terkandung dalam tempe. Ini baik untuk memenuhi asupan mineral harian kamu.

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US