4 Tahapan Penyakit Pneumonia yang Harus Kamu  Ketahui
Ilustrasi/Pixabay
Health

4 Tahapan Penyakit Pneumonia yang Harus Kamu Ketahui

Fitri
Kamis, 07 November 2019 13:42 WIB 07 November 2019, 13:42 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit infeksi paru-paru atau pneumonia disebabkan oleh bakteri, yang membuat alveoli terisi oleh sel-sel radang dan paru-paru menjadi padat.

Pneumonia merupakan bentuk parah dari infeksi saluran pernapasan bawah yang mempengaruhi paru-paru. Kondisi ini memiliki empat tahapan seperti berikut ini:

1. Konsolidasi

Konsolidasi merupakan tahap awal yang akan terjadi dalam waktu 24 jam pertama. Pada tahap ini infeksi akan menyebar ke hilus dan pleura cukup cepat, yang ditandai dengan batuk dan napas berat.

2. Hepatization merah

Ini adalah tahap kedua yang akan terjadi dalam waktu 2-3 jam setelah tahap pertama terjadi. Pada tahapan ini kapiler alveolar dipenuhi oleh darah dan eksudat fibrinosa mengisi alveoli. Tahap ini ditandai dengan banyaknya eritrosit, neutrofil dan fibrin di dalam alveoli.

3. Hepatization abu-abu

Hepatization abu-abu merupakan tahap ketiga yang akan terjadi 2-3 jam setelah tahap kedua. Pada tahap ini paru-paru terlihat gelap seperti warna abu-abu atau coklat, hal ini terjadi akibat tekanan dari eksudat.

4. Resolusi

Ini merupakan tahapan terakhir yang ditandai dengan pemulihan arsitektur paru-paru ketika sebagai besar makrofag masuk ke ruang alveolar. Pada tahapan ini ditandai dengan adanya dahak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU