Hindari Menaruh HP di Dekat Kepala Sewaktu Tidur, Bahaya!
Ilustrasi tidur dengan kepala di dekat HP. (freepik.com)
Health

Hindari Menaruh HP di Dekat Kepala Sewaktu Tidur, Bahaya!

Selasa, 24 Maret 2020 14:07 WIB 24 Maret 2020, 14:07 WIB

INDOZONE.ID - Zaman sekarang, orang-orang sulit lepas dari penggunaan handphone. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, HP selalu standby di tangan. Bahkan diletakkan di dekat kepala saat tidur.

Mulai dari sekarang, kebiasaan ini harus kamu hindari sebab bahaya mengintai. Dirangkum dari berbagai sumber simak ulasan berikut ini.

1. Susah Tidur

bahaya menaruh hp dekat kepala waktu tidur
Ilustrasi susah tidur. (nosleeplessnights.com)

Cahaya biru yang ditimbulkan dari HP dapat menghambat produksi hormon melatonin. Padahal hormon ini berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

2. Kebakaran

bahaya menaruh HP di dekat kepala waktu tidur
Ilustrasi HP kebakaran. (nypost.com)

Meletakkan HP di dekat bantal terlebih sambil mengisi baterai sangat tidak disarankan. Hal ini karena HP akan cepat panas akibat tertutup benda tebal seperti bantal, selimut, atau kasur yang berisiko memicu kebakaran.

3. Ritme Tidur Terganggu

bahaya menaruh HP di dekat kepala waktu tidur
Ilustrasi main HP di tempat tidur. (bustle.com)

Profesor Kedokteran yang meneliti ritme tidur dari Harvard University, dr Charles Czeisler mengatakan bahwa cahaya dari HP dapat menyebabkan gangguan ritme tidur alami tubuh seseorang.

4. Gangguan Sel Otak

bahaya menaruh HP di dekat kepala waktu tidur
Ilustrasi otak manusia. (slate.com)

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, mengungkapkan bahwa paparan radiasi dari HP dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak menimbulkan risiko terjangkit berbagai jenis penyakit akan meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

Selain itu, radiasi HP dapat memengaruhi susunan saraf manusia sehingga menyebabkan kanker atau tumor otak menurut World Health Organization (WHO).

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US