Jangan Asal Makan, Ini Makanan untuk Penderita Hipertensi
Oatmeal dan pisang untuk hipertensi. (Pexels/Daria Shevtsova)
Health

Jangan Asal Makan, Ini Makanan untuk Penderita Hipertensi

Menjaga tekanan darah.

Minggu, 29 Maret 2020 15:05 WIB 29 Maret 2020, 15:05 WIB

INDOZONE.ID - Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan penyakit lain, seperti jantung, ginjal, dan stroke. Hipertensi kadang-kadang juga disebut sebagai silent killer karena tidak menimbulkan gejala dan dapat diketahui.

Namun kamu bisa mengontrol tekanan darah tinggi dengan pola hidup sehat, salah satunya dalma hal makanan. Makanan ini bisa membantumu mengatur tekanan darah tinggi lho, simak ulasannya dilansir dari Healthline.

1. Sayuran Hijau

salad
Salad (freepik)

Sayuran hijau mengandung kalium yang membantu ginjal menyingkirkan lebih banyak natrium melalui urine. Ini juga akan menurunkan tekanan darah. Kamu bisa mencampur sayuran hijau ini dengan pisang dan susu kacang untuk membuat jus sehat.

2. Pisang

pisang
Pisang dan makanan olahannya (freepik)

Pisang mengandung kalium, sehingga cocok untuk penderita hipertensi. Iris pisang dan campurkan dengan oatmeal agar kalium yang kamu dapatkan semakin banyak.

3. Dark Chocolate

Ini Makanan untuk Penderita Hipertensi
Ilustrasi dark chocolate. (Pexels/Pixabay)

Dalam sebuah studi pada 2015, dark chocolate dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang rendah. Mengonsumi 100 gram per hari saja bisa membantu melawan hipertensi lho.

4. Minyak Zaitun

Ini Makanan untuk Penderita Hipertensi
Ilustrasi minyak zaitun. (Pexels/Pixabay)

Minyak zaitun adalah lemak sehat yang mengandung polifenol, senyawa yang dapat membantu mengurangi tekanan darah. Minyak zaitun dapat membantu kamu memenuhi dua hingga tiga porsi lemak setiap hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US