#KAMUHARUSTAU Ternyata Makan Nasi Dingin Ada Manfaatnya
Nasi dingin (Pixabay/Mamoru Masumoto)
Health

#KAMUHARUSTAU Ternyata Makan Nasi Dingin Ada Manfaatnya

Rabu, 19 Februari 2020 14:21 WIB 19 Februari 2020, 14:21 WIB

INDOZONE.ID - Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, makanan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral seperti niasin, vitamin D, vitamin B, tiamin, kalsium, magnesium dan zat besi.

Tak hanya itu saja, nasi juga memiliki sedikit lemak jenuh dan kolesterol baik, tapi jika kamu mengonsumsinya saat panas.

Makan saat nasi masih panas memang sering dilakukan banyak orang, tapi untuk beberapa orang juga ada yang suka nasi dingin. Namun samakah kandungannya dengan nasi yang masih panas?

Nah, perlu untuk kamu ketahui bahwa nasi dingin memiliki kandungan pati resisten jauh lebih tinggi dibandingkan nasi yang baru dimasak. Pati resisten ialah serat tidak larut dan sulit dicerna.

Pati resisten dalam nasi dingin akan berdampak pada hormon  anti diabetes dan anti-obesitas yang meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lemak perut.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, mengatakan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi nasi putih yang dimasak selama 24 jam pada suhu 4 derajat celcius, lalu dipanaskan kembali dapat mengurangi  kadar gula darah setelah makan.

Sehingga makan nasi dingin justru lebih baik, karena adanya pati resisten yang berdampak pada gula darah serta kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Meskipun demikian, nasi dingin juga dapat mengganggu metabolisme tubuh, sehingga berpotensi keracunan makanan dari bakteri  Bacillus cereus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU