The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diagnosis Anoreksia Nervosa, Gangguan Mental yang Mungkin Saja Bisa Kamu Alami
Ilustrasi Anoreksia Nervosa. (Photo/Ilustrasi/Pexels)
Health

Diagnosis Anoreksia Nervosa, Gangguan Mental yang Mungkin Saja Bisa Kamu Alami

Kamis, 14 Januari 2021 22:40 WIB 14 Januari 2021, 22:40 WIB

INDOZONE.ID - Sebagaimana gangguan mental lainnya, para dokter biasanya menggunakan Standar Diagnostic and Statistic Manual of Mental Disorder (DSM-5) untuk mendiagnosis seseorang yang mengalami gangguan mental anoreksia.

Dilansir dari Alodokter, Kamis (14/1/2021), pasien akan dinyatakan mengalami anoreksia bila mengalami sejumlah kriteria berikut ini: 

1. Membatasi asupan makanan untuk mendapatkan atau mempertahankan berat badan di bawah normal, tanpa mempedulikan energi yang dibutuhkan.

2. Memiliki rasa takut yang besar bila berat badan bertambah atau bila tubuh menjadi gemuk. Ketakutan ini memicu penderita melakukan kegiatan yang bisa menurunkan atau mempertahankan berat badannya, meskipun berat badan sudah di bawah normal.

Baca juga: Mengenal Skizofrenia, Gangguan Kesehatan Halusinasi hingga Kekacauan Berpikir

3. Mengalami gangguan dalam memandang tubuhnya sendiri, seperti terus menerus mengamati bentuk tubuh dan berat badan, serta menyangkal bahwa berat badannya sudah di bawah normal.

Tak hanya itu saja, dokter juga dapat menjalankan pemeriksaan fisik, meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, serta mengukur tanda vital pasien, seperti tekanan darah dan detak jantung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US