The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anak Alami Sindrom Tourette? Redakan Gejalanya dengan Melakukan Hal Ini
Ilustrasi ibu dan anak. (Freepik)
Health

Anak Alami Sindrom Tourette? Redakan Gejalanya dengan Melakukan Hal Ini

Berikan pengertian pada anak dengan perlahan.

Rabu, 02 Desember 2020 08:22 WIB 02 Desember 2020, 08:22 WIB

INDOZONE.ID - Sindrom tourette adalah kondisi dimana seseorang secara tiba-tiba melakukan gerakan tertentu seperti menggerakkan leher atau bahu secara berulang-ulang. Sindrom tourette tak hanya berpengaruh pada gerakan motorik, namun juga vokal. Sehingga, orang dengan kondisi sindrom tourette memiliki kemungkinan untuk berbicara di luar kendali.

Gerakan atau suara yang dilakukan oleh sindrom tourette sering disebut sebagai tic. Jika anakmu hanya mengalami tic ringan, kamu tak perlu berkunjung ke dokter ahli. Namun, jika tic sudah mengganggu dan menyebabkan masalah yang serius, kamu harus segera membawanya berkonsultasi dengan ahli.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan atau mengatasi gejala-gejala dari sindrom tourette secara mandiri. Berikut adalah ulasannya.

1. Jangan beritahu anak saat gejalanya terjadi

Tic biasanya tidak disadari oleh para penderitanya. Sehingga, kamu bisa mengabaikan hal tersebut ketika anak mengalami gerakan atau suara di luar kendali.

kesehatan anak
Ilustrasi ibu dan anak. (Freepik)

Sebab, memberi tahu atau membicarakan tic yang ia alami akan membuatnya semakin khawatir dan gejalanya jadi semakin parah.

2. Bantu anak agar percaya diri

Kamu bisa memberi pengertian pada anak jika ia mulai menyadari kondisi yang dialami. Buatlah anak merasa percaya diri dengan kondisinya dan jangan biarkan ia merasa malu untuk bertemu dengan orang lain.

kesehatan anak
Ilustrasi anak dan ibu. (Freepik)

Jika memungkinkan, kamu bisa meminta bantuan orang di sekitar untuk tidak bereaksi ketika tic sedang terjadi.

3. Jangan biarkan anak kelelahan

Tic dapat terjadi ketika anak dalam kondisi tidur. Sehingga, kamu harus menjaga kondisi anak dengan baik agar ia tidak merasa kelelahan.

kesehatan anak
Ilustrasi anak dan ibu sedang berkebun. (Freepik)

Pastikan anak menjalani aktivitas yang tidak membebaninya dan biarkan ia tidur dalam kondisi tenang agar bisa tidur dengan nyenyak.

4. Cegah anak alami cemas dan stres

Kondisi sindrom tourette akan semakin parah jika anak merasa cemas dan stres. Kamu harus bisa menjaga suasana hatinya agar ia tidak merasa bosan.

kesehatan anak
Ilustrasi anak dan ibu. (Freepik)

Ajak ia melakukan hal-hal yang menyenangkan atau lakukan aktivitas yang ia senangi. Dengan begitu, suasana hati anak akan terjaga dan tic tidak akan sering muncul.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US