The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-hati Polusi, Bisa Sebabkan Penis Menyusut Hingga Turunkan Jumlah Sperma dan Libido!
Ilustrasi Penis. (Unsplash)
Health

Hati-hati Polusi, Bisa Sebabkan Penis Menyusut Hingga Turunkan Jumlah Sperma dan Libido!

Sabtu, 03 April 2021 19:56 WIB 03 April 2021, 19:56 WIB

INDOZONE.ID -
Polusi udara tidak hanya membahayakan pernapasan pada manusia, melainkan membahayakan bagi kesehatan tubuh yang lain. Seperti pada pria, polusi bisa menyebabkan penis menyusut dari ukuran biasanya.

Tak hanya penis yang menyusut, polusi juga bisa menyebabkan jumlah sperma dan tingkat libido pada pria berkurang.

Baca Juga: Bolehkah Bercinta Usai Melakukan Vaksin COVID-19?

Melansir Men's Health, menurut ahli epidemiologi lingkungan dan reproduksi Dr. Shanna H.Swan, bahan kimia lingkungan bisa mengganggu hormon pria.

Hal ni telah dipaparkan Swan dalam bukunya yang berjudul Count Down: How Our Modern World Is Threatening Sperm Counts, Altering Male and Female Reproductive Development, and Imperiling the Future of the Human Race.

Pada bukunya tersebut ia mengeksplorasi korelasi antara penis yang lebih kecil, jumlah sperma yang lebih rendah dan penggunaan bahan kimia industri dalam produk sehari-hari.

"Bahan kimia di lingkungan kita dan praktik gaya hidup yang tidak sehat mengganggu keseimbangan hormonal kita," ujar Dr. Swan.

"Bahan kimia di lingkungan kita dan praktik gaya hidup yang tidak sehat di dunia modern kita mengganggu keseimbangan hormonal kita, menyebabkan berbagai tingkat kerusakan reproduksi," sambungnya lagi.

Menurut Dr. Swan, krisis eksistensial global ini menyebabkan penurunan jumlah sperma dan secara langsung menyebabkan ukuran penis dan volume testis menyusut.

"Kondisi reproduksi saat ini tidak dapat berlanjut lebih lama lagi tanpa mengancam kelangsungan hidup manusia," tulis Swan.

Dokter Swan juga mengeksplorasi bagaimana polutan dapat memengaruhi libido.

"Peneliti di China menemukan bahwa orang dengan tingkat bisphenol A (bahan kimia yang sering dipakai untuk membuat plastik) yang lebih tinggi dalam darah mereka lebih mungkin mengalami masalah seksual, termasuk penurunan nafsu," imbuhnya.

TAG
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US