The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gawat! Satu Kasus Diduga Cacar Monyet Ditemukan di Singkawang
Ilustrasi cacar monyet. (REUTERS/Dado Ruvic)
Health

Gawat! Satu Kasus Diduga Cacar Monyet Ditemukan di Singkawang

Jumat, 17 Juni 2022 20:10 WIB 17 Juni 2022, 20:10 WIB

INDOZONE.ID - Cacar monyet yang telah menyebar di Eropa dan kini jadi perhatian para ahli. Sementara Indonesia, belum ada laporan kasus cacar monyet. Namun, baru-baru ini dilaporkan satu kasus diduga cacar monyet di Singkawang, Kalimantan Barat.

Dilansir Antara, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso Pontianak, Kalimantan Barat, saat ini sedang menangani satu pasien yang diduga terjangkit cacar monyet (monkeypox).

Pada Jum'at (17/6/2022) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Hary Agung TJ di Pontianak mengatakan pasien yang diduga terinfeksi cacar monyet berasal dari Kota Singkawang dan ditangani oleh RSUD Soedarso Pontianak sejak 14 Juni 2022.

Hary menambahkan bahwa gejala yang dialami pasien masih seperti cacar monyet biasa, namun pihak rumah sakit tetap melakukan pemeriksaan, baik secara fisik dan laboratorium guna memastikan apakah memang benar mengalami cacar monyet atau cacar biasa.

Baca juga: Tak Seperti COVID-19, Ilmuwan Sebut Cacar Monyet Termasuk Virus DNA dan Jarang Bermutasi

Pasien yang diduga terinfeksi cacar monyet itu berjenis kelamin laki-laki. Sebelum dirawat di RSUD Yos Soedarso Pontianak, pada Senin (13/6/2022) pasien sempat mendatangi Puskesmas Singkawang Utara. Kemudian, pasien tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Vincentius Singkawang.

Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Dimana dokter mencurigai walaupun pada diagnosa pertama pasien dinyatakan mengalami penyakit cacar air biasa.

Hanya saja, cacar air yang dialami pasien perlu penanganan mengingat lebih banyak benjolan, sehingga dokter Rumah Sakit Vincentius Singkawang menyarankan agar pasien dirujuk ke Rumah Sakit Yos Soedarso Pontianak.

Sementara itu, Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan dan KB Singkawang, Mursalin menegaskan, temuan tersebut masih diduga, jadi belum tentu pasien tersebut terinfeksi cacar monyet.

"Sampai saat ini penyakit yang kita curigai masih belum positip cacar monyet," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US