The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kanker Payudara Lebih Berisiko Terjadi Pada Pria dengan Masalah Kesuburan
Ilustrasi kanker payudara. (Freepik)
Health

Kanker Payudara Lebih Berisiko Terjadi Pada Pria dengan Masalah Kesuburan

Senin, 23 Mei 2022 18:30 WIB 23 Mei 2022, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pria yang tidak subur memiliki kemungkinan dua kali lebih berisiko terkena kanker payudara daripada mereka yang tidak memiliki masalah kesuburan.

Dilansir Antara, studi ini juga menemukan ada lebih banyak pria tanpa anak di antara mereka yang telah didiagnosis menderita kanker payudara.

Para ilmuwan di The Institute of Cancer Research, London (ICR), menyarankan penelitian lanjutan untuk memahami penyebab yang mendasar kanker payudara pada pria, karena ini menjadi sesuatu yang belum diketahui.

Baca juga: Deteksi Dini Kanker Payudara, Wanita Disarankan Lakukan SADARI sambil Berbaring

Penulis studi Dr. Michael Jones, seorang ilmuwan serta staf senior dalam genetika dan epidemiologi di ICR, mengatakan bahwa ini adalah temuan penting yang menghubungkan tingkat kesuburan atau infertilitas dengan kanker payudara pada pria.

"Studi kami menunjukkan bahwa pria tidak subur, dua kali lebih mungkin menderita kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah kesuburan," ujar Dr. Jones.

Dr. Jones mengatakan, alasan di balik hubungan ini tidak jelas, dan ada kebutuhan lebih lanjut untuk menyelidiki peran mendasar dari hormon kesuburan terhadap risiko kanker payudara pada pria.

Temuan tersebut diharapkan dapat membuka pengetahuan baru tentang penyebab yang mendasari kanker payudara para pria dan wanita.

Penelitian baru dari studi kanker payudara, Breast Cancer Now, mengamati 1.998 pria yang baru didiagnosis dengan penyakit ini di wilayah Inggris dan Wales selama periode 12 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US