The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkes Targetkan Vaksin Kanker Serviks Sasar Seluruh Daerah di Indonesia pada 2023
Vaksin kanker serviks targetkan seluruh daerah pada 2023. (ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Kris/aa/Nyoman Budhiana)
Health

Menkes Targetkan Vaksin Kanker Serviks Sasar Seluruh Daerah di Indonesia pada 2023

Jumat, 22 April 2022 14:47 WIB 22 April 2022, 14:47 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu vaksin kanker serviks jadi perbincangan hangat di Indonesia. Pasalnya, pemerintah akan mewajibkan vaksin kanker serviks pada warganya.

Dilansir Antara, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi human papillomavirus (HPV) untuk pencegahan kanker serviks ditargetkan dapat menyasar seluruh daerah yang ada di Indonesia pada tahun 2023.

"Saya minta tahun depan sudah 100 persen," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual dalam rangka peringatan Puncak Hari Imunisasi Sedunia 2022 yang diikuti dari YouTube Kemenkes RI di Jakarta, Jum'at.

Menkes Budi juga mengatakan bahwa studi terkait vaksinasi HPV sudah dilakukan cukup lama dan hasilnya baik untuk mencegah risiko kanker serviks, sehingga sudah saatnya program tersebut diterapkan secara masif di Indonesia.

Baca juga: Syarat Wanita yang Telah Aktif Secara Seksual Bisa Dapat Vaksin Kanker Serviks

Vaksin kanker serviks di Indonesia baru dimulai di dua provinsi dan lima kabupaten/kota di Indonesia sejak 2021, lalu diperluas di tiga provinsi dan lima kabupaten/kota pada tahun ini.

Program vaksinasi HPV menyasar kelompok masyarakat dari kalangan siswi kelas 5 dan 6 sekolah dasar. Berdasarkan aturan, vaksin diberikan sebelum peserta mengalami masa menstruasi.

"Kalau sudah menstruasi, vaksin HPV jadi tidak efektif untuk bisa mengurangi prevalensi kanker serviks. Itu sebabnya kita kejar pemberiannya ke seluruh anak di usia kelas 5 dan 6 SD," katanya.

Sementara itu,  Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan pada tahun ini program vaksinasi HPV kembali diperluas dengan menambah cakupan peserta dari delapan provinsi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US