Kurangi Risiko Kanker Payudara  dengan Makanan Tinggi Serat Larut
Ilustrasi kanker payudara (Pixabay/Waldryano)
Health

Kurangi Risiko Kanker Payudara dengan Makanan Tinggi Serat Larut

Kamis, 09 April 2020 15:15 WIB 09 April 2020, 15:15 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan laporan The New York Times, makanan yang tinggi serat larut seperti kacang-kacangan dan gandum dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Studi yang diterbitkan di Cancer, para analisis memeriksa 20 studi prospektif tentang konsumsi serat dan kejadian kanker payudara. Sementara beberapa lainnya melihat pada asupan keseluruhan dan yang sisanya hanya mempertimbangkan varietas serat yang berbeda dari buah, kacang-kacangan, sereal tanpa penggunaan suplemen.

Saat dibandingkan dengan wanita yang memiliki asupan terendah dengan mereka yang memiliki asupan tertinggi, risiko kanker payudara turun hingga delapan persen.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa serat larut yang efektif menurunkan risiko kanker payudara. Asupan serat yang tidak larut juga menunjukkan pengurangan risiko, namun dampaknya tidak terlalu signifikan.

"Ini adalah penelitian observasional yang tidak membuktikan penyebab. Tetapi ada beberapa faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk kanker payudara dan mengidentifikasinya, bahkan yang memiliki efek kecil juga dianggap penting," ujar ilmuwan Harvard University, Maryam S. Farvid.

Sebagian besar studi ini memperhitungkan kanker payudara pasca menopause. Meski demikian, dalam lima laporan yang meneliti kanker pramenopause, dampak serat bahkan lebih signifikan secara statistik yang mengarah pada pengurangan risiko sebanyak 18 persen.

Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dapat membantu melihat perspektif lain. Wanita juga diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan. Karena kanker payudara merupakan penyakit yang banyak dialami perempuan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US