The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini yang Dirasakan Janin saat Ibu Hamil Berpuasa
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Garon Piceli)
Health

Ini yang Dirasakan Janin saat Ibu Hamil Berpuasa

Simak penjelasannya.

Rabu, 07 April 2021 21:12 WIB 07 April 2021, 21:12 WIB

INDOZONE.ID - Dalam Islam, ibu hamil dan ibu menyusui diperbolehkan tidak puasa di bulan Ramadan, namun harus menggantinya dan membayar fidyah di hari lain. Tetapi jika ibu hamil ingin berpuasa, boleh saja kok.

Ibu hamil boleh berpuasa di bulan Ramadan asal tidak memiliki penyakit seperti diabetes. Lalu apa yang terjadi jika ibu hamil berpuasa?

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Ivander, SpOG mengatakan ibu hamil aman-aman saja melakukan puasa. Sebagian besar bayi dalam kandungan tetap aman jika ibunya berpuasa.

"Sebagian besar ibu hamil dan bayinya bisa mentoleransi aktivitas berpuasa dengan baik. Namun beberapa belum tentu bisa," kata dr. Ivander saat dihubungi Indozone, Rabu (7/4/2021).

BACA JUGA: Ibu Hamil Ingin Puasa? Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Dampak terburuk yang mungkin dirasakan bayi saat ibu hamil berpuasa adalah hambatan pertumbuhan hingga kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk rutin memeriksakan kandungannya idealnya dua minggu sekali untuk memantau dampak puasa pada bayi.

"Beberapa bayi akan menunjukkan hambatan pertumbuhan hingga dehidrasi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan tumbuh kembang bayi di dalam kandungan dan juga kondisi bumil selama kehamilan saat menjalankan puasa," tandas dokter yang berpraktek di RSIA Bunda Jakarta dan Morula Ciputat ini.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US