The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Konsumsi Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan?
Ilustrasi jeruk nipis. (Unsplash/Jessica Lewis)
Health

Benarkah Konsumsi Air Jeruk Nipis Bisa Turunkan Berat Badan?

Mitos atau fakta?

Selasa, 30 Juni 2020 20:06 WIB 30 Juni 2020, 20:06 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satunya mengikuti 'kata orang'. 

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang pernah mendengar jika minum air jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan karena membakar lemak lebih banyak. Tak sedikit yang mengikuti cara tersebut. Padahal menurut pakar nutrisi Ardy Brian Lizuardi, hal itu hanya mitos belaka.

"Minum jeruk nipis enggak bantu bakar lemak, ini mitos. Kenapa disebut mitos, karena kalau bicara efek kesehatan paling ideal membuktikan menggunakan studi dari manusia. Sayangnya konsumsi jeruk nipis ini enggak ada studinya," ujar Ardy dalam suatu sesi diskusi online, Selasa (30/6/2020).

Dirinya menambahkan, lantaran belum ada studi pada manusia maka tidak bisa diklaim jika minum air jeruk nipis bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab tidak ada bukti ilmiahnya. Tapi di satu sisi memang ada satu penelitian yang melihat hubungan antara konsumsi air jeruk nipis dengan penurunan berat badan. Sayangnya penelitian itu dilakukan ke hewan.

"Cuma ada satu penelitian dan itu di tikus. Jadi penelitian itu menyebut tikus dikasih konsumsi jeruk nipis dan ternyata ada penurunan berat badan. Tapi 'kan tikus sama manusia jauh banget ya," kata Ardy. 

Ia memahami alasan banyaknya orang yang menganggap jika minum air jeruk nipis bisa menurunkan berat badan. Sebab banyak sekali diet yang informasinya seringkali tidak benar. Salah satu yang paling populer adalah menyuruh minum air dikasih jeruk nipis selama 14 hari untuk menurunkan berat badan.

"Benar sih menurunkan berat badan soalnya sama sekali enggak makan, terus diganti minum air. Jadi sebetulnya bukan karena jeruk nipisnya, tapi karena kalorinya yang berkurang. Jadi kalau orang mau menurunkan berat badan spesifiknya lemak, harus banget batasi asupan jumlah kalori hariannya," pungkas Ardy.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US