The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bek Arab Saudi Yasser Al-Shahrani Jalani Operasi Kelenjar Pankreas, Begini Prosedurnya
Yasser al-Shahrani alami cedera rahang. (REUTERS/Carl Recine)
Health

Bek Arab Saudi Yasser Al-Shahrani Jalani Operasi Kelenjar Pankreas, Begini Prosedurnya

Usai alami cedera serius.

Kamis, 24 November 2022 16:00 WIB 24 November 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Pesepak bola Arab Saudi, Yasser al-Shahrani berhasil menjalani operasi pada kelenjar pankreasnya di rumah sakit di Riyadh pada hari Rabu (23/11/2022).

Usai alami cedera rahang selama pertandingan Piala Dunia 2022 melawan Argentina pada hari Selasa (22/11/2022).

"Yasser Al-Shahrani sukses menjalani operasi di kelenjar pankreas di Rumah Sakit Garda Nasional di Riyadh," kata Federasi Saudi di media sosial, dikutip Daily Mail.

Baca juga: Alami Cedera Horor Lawan Argentina, Begini Kondisi Terkini Yasser Al-Shahrani

Dilansir Alrabiya News, sebelum menjalankan operasi di Riyadh, Arab Saudi. Pemain 30 tahun itu dibawa ke Kota Medis Hamad di Qatar di mana dia menjalani pemeriksaan medis.

Kemudian dia dipindahkan dari rumah sakit di Doha ke Rumah Sakit Garda Nasional di Riyadh untuk operasi.

Setelah melakukan rontgen, diketahui bahwa Yasser Al Shahrani mengalami patah tulang rahang, patah tulang wajah, dan pendarahan internal, sehingga mengharuskanya melakukan operasi.

Dilansir Alodokter, operasi kelenjar pankreas yang dijalani Yasser Al-Shahrani Jalani Operasi di Riyadh dikenal juga dengan operasi Whipple.

Operasi Whipple ini melibatkan pengangkatan bagian kepala pankreas, bagian pertama usus kecil, sebagian saluran empedu dan kantong empedu.

Pankreas merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia. Organ ini berada di belakang rongga perut dan berperan dalam produksi hormon serta enzim untuk menghancurkan makanan.

Yasser Al-Shahrani
Yasser Al-Shahrani. (REUTERS/Dylan Martinez)

Prosedur operasi whipple dimulai dengan memberikan bius total agar pasien tidak merasakan sakit selama operasi berlangsung.

Operasi Whipple dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu bedah terbuka, bedah laparoskopi, dan bedah robotik. Berikut ini penjelasnya:

Operasi terbuka

Pada operasi terbuka, dokter akan membuat sayatan lebar di perut untuk mengakses pankreas. Cara ini paling cepat dan paling umum dilakukan dalam operasi Whipple.

Operasi laparoskopi

Pada operasi laparoskopi, dokter akan membuat beberapa sayatan kecil di perut. Sayatan tersebut menjadi jalur masuk peralatan operasi, termasuk kamera yang digunakan untuk memandu dokter dalam melakukan operasi Whipple.

Operasi robotik

Pada operasi robotik, alat-alat pembedahan dipasang di suatu alat mekanis (robot) yang kemudian dikendalikan oleh dokter. Operasi robotik memungkinkan dokter menjangkau area organ yang sempit.

Operasi laparoskopik dan robotik memiliki beberapa kelebihan, yaitu risiko perdarahan yang lebih rendah dan pemulihan setelah operasi yang lebih cepat.

Sementara kekurangannya, proses operasi ini lebih lama daripada operasi terbuka dan bila terdapat masalah selama operasi, tetap diperlukan operasi terbuka untuk menyelesaikan operasinya.

Sementara itu, Mohammed Bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi menginstruksikan agar Yasser dipindahkan dengan jet pribadi ke Jerman untuk perawatan.

Dalam video yang dibagikan di Twitter, Yasser Al-Shahrani mengatakan kondisinya sudah membaik.

Baca juga: Kini Jadi Bintang Piala Dunia, Enner Valencia Pernah Pura-pura Cedera buat Hindari Polisi

Dia juga menyakinkan para penggemarnya bahwa dia akan pulih dengan cepat setelah mengalami cedera yang cukup serius.

“Saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya baik-baik saja. Doakan saya. Dan selamat untuk fans Saudi kami atas kemenangannya. Kamu pantas mendapatkannya,” kata pemain 30 tahun itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Fitri
M Fadli

M Fadli

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US